• Sabtu, 22 Januari 2022

Misteri Warisan Wayang Dasamuka yang Selalu Membawa Rezeki

- Sabtu, 6 November 2021 | 12:00 WIB
Wayang Dasamuka atau Kyai Beleh warisan orang tua disimpan putrinya. (Ilustrasi Pramono Estu)
Wayang Dasamuka atau Kyai Beleh warisan orang tua disimpan putrinya. (Ilustrasi Pramono Estu)

harianmerapi.com -Pada dunia pedalangan, ada banyak fenomena menarik, baik itu berkaitan dengan wayangnya, gamelan, maupun mantra dan keris yang sering digunakan ki dalang.

Berkaitan dengan wayang, umumnya ada beberapa figure wayang yang sering dikeramatkan ki dalang. Salah satunya adalah figure wayang Batara Guru. Ada pula yang memberi penghargaan khusus pada tokoh Dewa Ruci, Anoman, dan lainnya.

Sesuatu yang mungkin aneh, jika ada keluarga mengkeramatkan figur wayang tokoh antagonis seperti Dasamuka atau Rahwana. Namun hal itu pernah terjadi pada sebuah keluarga dalang di wilayah Kasihan, Bantul.

Baca Juga: Pernikahan yang Tak Direstui 9: Cinta Monyet Tumbuh Kembali

Dalang tersebut memiliki dua anak laki-laki dan satu anak perempuan. Pada usia uzurnya dalang tersebut hendak mewariskan wayang kepada kedua orang putranya.

Ketika wayang dihitung dan dibagi rata pada kedua putranya, semua menerima. Namun ketika sampai pada figur Dasamuka yang jumlahnya hanya satu biji dan garapan wayang tersebut terbilang istimewa, tidak ada satu pun yang mau mengalah.

Karena saking jengkelnya, dalang tersebut mengambil gobang dan memotong (menyembelih) wayang Dasamuka tersebut menjadi dua bagian.

Baca Juga: Kegigihan Nyai Subang Larang 2: Diutus untuk Mengusir Syekh Quro Malah Ikut Masuk Islam

Kedua anak dipersilakan memilik bagian kepala atau badannya. Namun entah bagaimana jalan ceritanya, kedua putra tersebut justru tidak memiliki kedua-dua bagian itu.

Justru anak putrinya yang kemudian menyimpan warisan wayang Dasamuka itu. Wayang Dasamuka itu pun kemudian diberi nama Kyai Beleh, setelah bagian kepala dan badannya disatukan kembali. Istilah beleh karena wayang itu dulunya disembelih.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X