• Rabu, 5 Oktober 2022

Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Siloam Hospitals Jogja beberkan cara terbaik terhindar dari cacar monyet

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:05 WIB
Foto yang diambil selama penyelidikan wabah cacar monyet, yang terjadi di Republik Demokratik Kongo, 1996 hingga 1997, menunjukkan lengan dan dada seorang pasien dengan lesi kulit akibat cacar monyet, dalam gambar tak bertanggal yang diperoleh Reuters pada 18 Mei 2022.  (CDC/Brian W.J. Mahy/HO via Reuters)
Foto yang diambil selama penyelidikan wabah cacar monyet, yang terjadi di Republik Demokratik Kongo, 1996 hingga 1997, menunjukkan lengan dan dada seorang pasien dengan lesi kulit akibat cacar monyet, dalam gambar tak bertanggal yang diperoleh Reuters pada 18 Mei 2022. (CDC/Brian W.J. Mahy/HO via Reuters)

HARIANMERAPI.COM - Cara terbaik terhindar dari paparan cacar monyet adalah meminimalkan kontak antar manusia dengan penderita (karier).

Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Siloam Hospitals Jogja, dr. Ludhang Pradipta R M. Biotech Sp.MK. mengutarakan, penularan cacar monyet yang disebabkan virus monkeypox ini melalui kontak erat.

"Dari kasus yang ada didapatkan risiko lebih tinggi pada individu prilaku seks menyimpang (MSM),” ungkap Ludhang Pradipta dalam edukasi bincang sehat bertajuk 'Waspada Cacar Monyet Kenali Gejala dan Pencegahannya' yang digagas manajemen Siloam Hospital Jogja, Selasa (9/7/2022).

Baca Juga: Hasil pemeriksaan laboratorium negatif, Kemenkes : belum ada kasus cacar monyet di Indonesia

Meski laporan kasus penyakit cacar monyet belum ada di Indonesia namun masyarakat tetap perlu waspada karena virus ini menular dari manusia ke manusia .

Menurut Ludhang Pradipta, cacar monyet merupakan penyakit zoonosis, disebabkan virus Monkeypox. Penyakit ini biasanya dimulai dengan fase inkubasi panjang rentang 5-21 hari.

Kemudian fase demam yang gejalanya mirip dengan flu, termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, kedinginan, kelelahan, dan pembengkakan kelenjar getah bening (limfadinopati).

Lantas berkembang fase ruam, di mana permukaan kulit muncul ruam kemerahan.

Baca Juga: Yang harus kamu tahu tentang cacar monyet

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuh titik picu atasi keluhan sakit kepala

Senin, 5 September 2022 | 16:25 WIB
X