• Senin, 27 Juni 2022

Waspadai Pelaku Perjalanan Mancanegara, untuk Antisipasi Penularan Penyakit Cacar Monyet

- Selasa, 24 Mei 2022 | 18:40 WIB
Tangkapan layar Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang diikuti dari Zoom di Jakarta, Selasa (24/5/2022).  (ANTARA/Andi Firdaus)
Tangkapan layar Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang diikuti dari Zoom di Jakarta, Selasa (24/5/2022). (ANTARA/Andi Firdaus)

JAKARTA, harianmerapi.com - Pandemi Covid-19 belum juga tuntas, kini muncul penyakit baru. Namanya cacar monyet atau monkeypox.

Berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) terhadap situasi global per 21 Mei 2022, cacar monyet menjadi penyakit yang memerlukan perhatian masyarakat global.

WHO menyebutkan, sebagian besar kasus dilaporkan dari pasien tidak memiliki riwayat perjalanan ke negara-negara endemi.

Baca Juga: Cerita Lucu Ada Perempuan Tiba-tiba Masuk Rumah dan Ngamuk serta Pasang Jebakan Musang Malah Kena Ayam Sendiri

Seiring dengan itu, Kementerian Kesehatan RI meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penuularan cacar monyet yang dibawa oleh para pelaku perjalanan domestik maupun mancanegara di dalam negeri.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril menyatakan, upaya kewaspadaan sudah dilakukan Indonesia.

"Di antaranya dengan menyiapkan surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan, baik di wilayah dan kantor kesehatan pelabuhan, termasuk untuk dinas kesehatan, rumah sakit dan sebagainya," katanya dalam konferensi pers virtual yang diikuti via Zoom di Jakarta, Selasa (24/5/2022.

Baca Juga: Puluhan Ribu Warga Terdampak Banjir Rob, Pemerintah Siap Cukupi Kebutuhan Logistik

Negara endemi yang dimaksud WHO, di antaranya Benin, Sudan Selatan, Ghana, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, Gabon, Pantai Gading, Liberia, Nigeria dan Sierra Leone.

Syahril yang juga Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso itu menyebut penyakit cacar monyet justru dilaporkan dari sejumlah negara non-endemi, seperti Australia, Belgia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Portugal, Spanyol, Swedia, Inggris dan Amerika Serikat.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X