• Jumat, 30 September 2022

Lawan masuk angin dan luka bakar secara alami, salah satunya dengan kapasan

- Senin, 25 Juli 2022 | 10:15 WIB
Tanaman kapasan termasuk bagian bunganya mempunyai manfaat kesehatan. ( Foto: Sulistyanto)
Tanaman kapasan termasuk bagian bunganya mempunyai manfaat kesehatan. ( Foto: Sulistyanto)


HARIAN MERAPI - Tanaman berkhasiat obat banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Tak jarang, suatu jenis tanaman bisa memiliki nama berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Sebagai contoh tanaman kapasan, sebagian warga di Pulau Jawa ada yang menyebut waron, kasturi, kakapasan dan regula. Lain halnya di Pulau Sumatera ada yang menyebut gandapura dan kapas sedeki.

Sedangkan di Maluku dan Ternate sering disebut kasturi. Suatu hal penting dari tanaman ini, yakni dapat dijadikan bahan alami untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan. Bahkan ada yang memproses bagian dari tanaman kapasan menjadi minyak kasturi.

Baca Juga: ISCOHI UMY digelar secara luring, bahas isu kemanusiaan di berbagai negara

Pemanfaatannya sebagai obat alami, antara lain bisa digunakan dengan cara diminum. Resep sederhananya, yaitu cukup dengan merebus 10 sampai dengan 15 gram akar segar tanaman kapasan.

Perebusan bisa menggunakan dua gelas air bersih, sampai tersisa sekitar satu gelas, segera diangkat dan disaring. Hasil rebusan tanaman ini cukup diminum rutin sampai gangguan kesehatan dapat teratasi.

Dalam sehari bisa dua atau tiga kali, misalnya pagi dan sore hari. Khasiatnya antara lain untuk membantu melawan serangan masuk angin, batuk, sakit kepala, demam dan sukar buang air besar (konstipasi). Bahkan bisa sebagai peluruh kencing atau bersifat diuretik.

Baca Juga: Peruntungan Shio Kelinci Selasa 26 Juli 2022, rencanakan hal yang romantis untuk malam ini bersama pasangan

Sejumlah sumber juga menyebutkan, kapasan bisa berperan dalam mempercepat sembuhnya luka bakar, sehingga tak perlu membeli obat khusus berbahan kimia, diharapkan sudah bisa sembuh.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuh titik picu atasi keluhan sakit kepala

Senin, 5 September 2022 | 16:25 WIB
X