• Jumat, 30 September 2022

Daun Ketepeng Kebo Bantu Singkirkan Cacing Kremi dan Musuh Serangan Gatal-gatal

- Kamis, 7 Juli 2022 | 10:30 WIB
Bagian daun tanaman ketepeng kebo mempunyai khasiat kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Bagian daun tanaman ketepeng kebo mempunyai khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.com – Tanaman ketepeng kebo sering juga ada yang menyebut ketepeng cina, acon-anconan dan ketepeng badak. Selain banyak tumbuh liar, tanaman ini layak pula ditanam di kebun herbal, karena mempunyai khasiat kesehatan.

Beberapa ciri khas tanaman ketepeng kebo, misalnya mempunyai bunga bersusun dalam tandan yang panjang dan tumbuh dari ujung cabang. Mahkota bunganya berwarna kuning khas, ketika kompak berbunga mampu memberi keindahan tersendiri.

Beberapa literatur menyebutkan, ketepeng kebo dapat dijadikan musuh sariawan secara alami. Resep sederhananya, yaitu bisa memanfaatkan tiga sampai empat lembar daun ketepeng kebo segar dan garam secukupnya.

Baca Juga: Partai Demokrat Bantah Syaratkan AHY Jadi Capres atau Cawapres untuk Koalisi, Ini Penjelasan Lengkapnya

Setelah daun dicuci bersih menggunakan air mengalir, lalu dikunyah-kunyah bersama garam secukupnya. Saat mengunyah selama beberapa menit, sari airnya meski sedikit bisa ditelan. Sedangkan ampasnya dibuang.

Dengan resep sederhana serta alami ini diharapkan, sariawan segera teratasi tanpa perlu membeli obat berbahan kimia. Selain itu daun ketepeng kebo diyakini bisa membantu melawan sembelit secara alami.

Resep sederhana yang bisa diterapkan, yaitu menggunakan tujuh lembar daun muda ketepeng kebo segar. Setelah dicuci bersih menggunakan air mengalir, bahan alami ini direbus dengan dua gelas air sampai mendidih dan air tinggal satu gelas.

Baca Juga: Antisipasi Gelombang Empat Covid-19, Ini yang Harus Dilakukan Menurut Dokter Andi Khomeini

Dalam keadaan masih hangat diminum sekaligus. Cara ini bisa dilakukan dua kali dalam sehari. Lain halnya jika digunakan untuk membantu menyingkirkan cacing kremi pada anak-anak.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuh titik picu atasi keluhan sakit kepala

Senin, 5 September 2022 | 16:25 WIB
X