• Selasa, 24 Mei 2022

Berikut 10 Teh Herbal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan, Mengurangi Stres Hingga Membuat Tidur Lebih Nyenyak

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 10:13 WIB
Ilustrasi teh herbal (ANTARA/Shutterstock)
Ilustrasi teh herbal (ANTARA/Shutterstock)

 

JAKARTA, harianmerapi.com – Teh herbal dikenal dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan bahkan membantu tidur lebih nyenyak. Selama ribuan tahun, orang telah menggunakan teh herbal untuk meningkatkan kesehatan atau sekadar menikmatinya.

Setiap orang memiliki tingkat stres dan selera. Penelitian menyebutkan bahwa beberapa herbal dapat memiliki beberapa efek kuat untuk mengatasi stres, kesehatan mental dan fisik.

Teh herbal mengandung beberapa jenis senyawa antiinflamasi alami yang mungkin bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti antioksidan, yang membantu melindungi tubuh dari stres, senyawa antivirus dan antibakteri, herbal yang mengurangi peradangan, herbal yang mengurangi risiko pembekuan darah dan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Madu Plus Herbal Singkirkan Radikal Bebas

Minum secangkir teh herbal setiap hari dapat membantu melindungi kesehatan Anda dalam jangka panjang dan mengurangi tingkat stres. Penelitian dari 2014 menunjukkan bahwa beberapa teh herbal, khususnya Melissa officinalis atau ekstrak lemon balm dapat menurunkan kadar kortisol, hormon stres dalam tubuh.

Studi 2018 menunjukkan bahwa bahkan hanya menghirup aroma teh - khususnya teh hitam - dapat membantu menurunkan tingkat stres dan menghasilkan suasana hati yang lebih tenang.

Akan tetapi sebelum mengonsumsi teh herbal, sebaiknya dikonsultasikan dulu kepada dokter, sebab beberapa teh dapat mempengaruhi kondisi kesehatan atau obat-obatan. Misalnya, chamomile bertindak sebagai pengencer darah ringan dan dapat berinteraksi dengan obat warfarin (Coumadin) jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Baca Juga: Teh Hijau Turunkan Kolesterol Jahat

Teh herbal umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang, tetapi jenis tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi. Sebelum mencoba teh atau menambahkannya ke rutinitas Anda, teliti kemungkinan interaksi obat atau bagaimana hal itu dapat memengaruhi kondisi kesehatan tertentu.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X