• Jumat, 30 September 2022

Fungsi Garam bagi Tubuh Seberapa Penting?

- Selasa, 5 Juli 2022 | 21:50 WIB
ilustrasi - penggunaan garam bisa bermanfaat bagi tubuh namun juga menyimpan risiko bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan (ANTARA/Pexel)
ilustrasi - penggunaan garam bisa bermanfaat bagi tubuh namun juga menyimpan risiko bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan (ANTARA/Pexel)

 

JAKARTA, harianmerapi.com - Garam memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, namun mengkonsumsi garam tidak boleh berlebihan.

Menurut anjuran WHO, kebutuhan garam kita idealnya tidak lebih dari 2.000 miligram natrium atau sodium atau tidak lebih dari 5 gram per hari, baik untuk dewasa maupun anak-anak usia 1-10 tahun.

“Yang terjadi kalau konsumsi terlalu banyak garam dalam jangka waktu yang panjang, yang pertama tentunya bisa menimbulkan keluhan yang paling kita takutkan yaitu hipertensi,“ dokter umum dan konten kreator kesehatan dr. Kevin Mak, di Jakarta, Selasa (5/7/2022.

Baca Juga: Seorang Pelari Lintas Alam Hilang di Gunung Arjuno, Tim Pencari Difokuskan di Kawasan Curah Sriti

Dia menyebutkan bahwa garam memiliki fungsi yang sangat diperlukan untuk mengontrol sistem pembuluh darah.

“Jadi garam ini berperan penting dalam menjaga kerja sistem syaraf, ibaratnya jika kita ingin menggerakkan tangan atau memegang benda itu sedikit banyak menggunakan komponen natrium untuk menggerakkan peran tersebut,” ucapnya.

Ia menjelaskan natrium dalam garam adalah kunci utama yang mengontrol tekanan darah dan juga cairan dalam tubuh kita.

Baca Juga: Berikan Bantuan Sosial di Pasar Peterongan, Presiden Jokowi : Jangan Dibelikan Handphone

Fungsi lainnya yaitu membantu enzim dalam pencernaan untuk penyerapan nutrisi seperti protein lemak dan karbohidrat dalam sel-sel tubuh dan juga kesehatan otot seperti otot jantung dan otot rangka.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuh titik picu atasi keluhan sakit kepala

Senin, 5 September 2022 | 16:25 WIB
X