• Senin, 27 Juni 2022

Sering Dijuluki Buah Surga, Bagian Buah dan Daun Tin Miliki Manfaat Kesehatan

- Sabtu, 16 April 2022 | 10:25 WIB
Bagian buah maupun daun tanaman tin memiliki manfaat kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Bagian buah maupun daun tanaman tin memiliki manfaat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com – Buah tin atau ara mempunyai nama ilmiah Ficus carica. Sedangkan dalam Bahasa Inggris dikenal dengan nama fig.

Bahkan buah tin termasuk jenis buah yang disebut di dalam Alquran, maupun kitab beberapa kepercayaan, sehingga wajar sering dijuluki sebagai buah surga.

Di dalam daging buah tin antara lain terkandung beberapa vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik untuk kesehatan tubuh. Jenis vitaminnya, antara lain vitamin A, C, E, K, dan B kompleks.

Baca Juga: Aneka Khasiat Buah Duku, Antara Lain Bagus untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Menghindari Kolesterol Jahat

Manfaat kesehatannya, seperti membantu menjaga kesehatan jantung, sebab mempunyai kandungan serat larut berupa pektin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Pasalnya, kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam darah dapat menyebabkan terbentuknya plak yang akan memicu penyempitan pembuluh darah dan mengganggu kesehatan jantung.

Selain itu, buah tin juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan mineral dan senyawa lainnya dalam buah tin dapat membantu mengontrol tekanan darah.

Baca Juga: Rokok Ternyata dapat Menmpengaruhi Kesehatan Mata, Begini Penjelasannya

Sejumlah sumber juga menyebutkan, manfaat kesehatan lainnya dari buah tin, misalnya membantu mengatasi berbagai masalah saluran pernapasan.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X