• Senin, 27 Juni 2022

Rokok Ternyata dapat Menmpengaruhi Kesehatan Mata, Begini Penjelasannya

- Minggu, 3 April 2022 | 11:43 WIB
Ilustrasi masalah kesehatan mata  (ANTARA/Shutterstock/Fizkes)
Ilustrasi masalah kesehatan mata (ANTARA/Shutterstock/Fizkes)

JOGJA, harianmerapi.com - Rokok ditengarai memiliki efek buruk bagi kesehatan manusia. Namun tidak banyak yang tahu jika ada efek buruk merokok terhadap kesehatan mata.

Selama ini yang paling sering dikampanyekan terkait efek buruk rokok adalah kanker, penyakit pernapasan, kardiovaskular termasuk juga mempengaruhi mata bahkan bisa menyebabkan hilangnya penglihatan.

Adalah Dr. Aaradhana Reddy Vitreo, Ahli Bedah Retina dari Rumah Sakit Mata Sadhuram, Hyderabad, India yang mengungkapkan adanya keterkaitan antara merokok dan kesehatan mata.

Baca Juga: Enea Bastianini dan Giannantonia Optimis Bisa Tampil Maksimal di GP Argentina

Dia mengatakan, hanya sedikit orang yang menyadari bahwa merokok mampu mempengaruhi kesehatan mata dan yang terparah dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Dr. Vitreo menjelaskan racun yang ada dalam asap rokok pada akhirnya masuk ke aliran darah yang didistribusikan ke seluruh tubuh termasuk mata.

Hal ini dapat menyebabkan berbagai jenis masalah mata seperti mata kering, katarak, retinopati diabetik, degenerasi makula terkait usia, dan masalah saraf optik.

Baca Juga: Sebagian Besar Wilayah Indonesia Diguyur Hujan, BMKG : Waspadai Hujan Petir di Wilayah Kendari

Sebagian besar kasus tersebut juga dapat menyebabkan kebutaan permanen jika tindakan yang memadai tidak diambil tepat waktu.

"Selain itu, asap tembakau juga dapat mempengaruhi jaringan di sekitar mata yang menyebabkan gangguan pada kelopak mata dan bengkak di bawah mata," kata Dr. Vitreo dilansir dari Indian Express pada Minggu (3/4/2022).

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X