• Kamis, 26 Mei 2022

Aneka Macam Khasiat Daun Sirih, Antara Lain untuk Mengatasi Luka Bakar, Batuk dan Mata Gatal

- Senin, 24 Januari 2022 | 11:00 WIB
Daun tanaman sirih hijau mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Daun tanaman sirih hijau mempunyai manfaat atau khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Daun tanaman sirih hijau maupun merah mempunyai aneka khasiat kesehatan. Di antaranya adalah sebagai antioksidan, antitoksin, anti diare, melawan batuk, mimisan dan mata gatal atau merah.

“Kami sekeluarga biasa memanfaatkan daun sirih hijau, misalnya cukup diseduh air panas dan setelah hangat bisa segera dikonsumsi,“ kata Pratiwi Ngasaratun yang tinggal di Moyudan Sleman.

Adapun manfaat atau khasiat dari daun sirih yang diseduh dengan air panas, lalu diminum dalam keadaan hangat misalnya bisa sebagai antitoksin, antioksidan serta antidiare.

Baca Juga: Cara Orang Tua Mengatasi Berbagai Problema Psikologis Anak dalam Perkembangannya

Sedangkan resep sederhana untuk mempercepat sembuhnya luka bakar, misalnya daun sirih segar diperas airnya, lalu ditambah sedikit madu, dan rutin dibubuhkan di tempat yang terkena luka bakar.

“Daun sirih juga dapat mempercepat sembuhnya batuk, mimisan dan mata gatal ataupun memerah,” urainya.

Jika untuk mimisan, yakni daun sirih agak muda satu lembar dilumatkan lalu digulung untuk menyumbat hidung berdarah (mimisan).

Baca Juga: Syarat Pemimpin Berdasar Al Baqarah Ayat 247, Harus Pandai Ilmu dan Kuat Secara Fisik

Lain halnya untuk mata memerah, misalnya menggunakan lima lembar daun sirih yang direbus dengan satu gelas air sampai mendidih.

Setelah dingin untuk mencuci ataupun merambang mata, yakni bisa memakai gelas cuci mata. Sehari dapat dilakukan dua atau tiga kali sampai sembuh. *

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X