• Kamis, 26 Mei 2022

Khasiat Tanaman Jamblang atau Duwet untuk Kesehatan Antara Lain Mengatasi Diare, Nyeri Lambung dan Sariawan

- Minggu, 23 Januari 2022 | 08:00 WIB
          Buah jamblang atau duwet dapat dijadikan sebagai obat alami. (Foto: Sulistyanto)
Buah jamblang atau duwet dapat dijadikan sebagai obat alami. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Tanaman jamblang atau duwet diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan atau bisa dijadikan sebagai obat alami dengan biaya tak mahal serta aman dari efek samping.

Khasiatnya antara lain dapat digunakan sebagai obat alami membantu menyetop serangan diare, mengatasi nyeri lambung dan melawan sariwan.

Jika untuk mengatasi diare, resep yang bisa diterapkan menggunakan buah jamblang segar yang belum matang dan beras yang sudah digongseng sampai kuning (masing-masing enam gram).

Baca Juga: Kekayaan Bukan Segalanya 4: Kecemasan Orang Tua, Anak Tak Punya Waktu untuk Keluarga dan Urusan Pribadi

Selanjutnya dimasukkan ke dalam mangkuk. Lalu ditambah air secukupnya sampai semua bahan terendam. Setelah itu ditim sampai matang. Dalam keadaan hangat atau dingin, dimakan sekaligus dan dilakukan tiga kali sehari.

Jika ntuk membantu mengatasi nyeri lambung, bisa dengan cara menggongseng buah jamblang kering tanpa biji sebanyak 30 gram sampai berbau harum.

Hasilnya dimasukkan ke dalam mangkuk dan ditambah air secukupnya sampai semua bahan terendam, lalu ditim sampai matang.

Setelah dingin, dimakan seluruhnya. Dilakukan tiga kali sehati, selama 10 hari semoga dapat dirasakan hasilnya.

Baca Juga: Nangis Histeris Sampai Pingsan karena Kambing Kesayangan akan Dijadikan Kurban dan Warung Makan Sabar Menanti

Jika untuk melawan sariawan dengan cara merebus kulit kayu atau daun dari pohon jamblang secukupnya. Setelah dingin, digunakan untuk berkumur-kumur. Cara ini dilakukan tiga sampai empat kali dalam sehari.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X