• Senin, 27 Juni 2022

Manfaat Kolang-kaling untuk Cegah Osteoporosis, Nyeri Sendi dan Sehatkan Sistem Pencernaan

- Minggu, 14 November 2021 | 11:20 WIB
Kolang-kaling untuk menegah osteoporosis (Dok. Merapi)
Kolang-kaling untuk menegah osteoporosis (Dok. Merapi)

harianmerapi.com - Kolang-kaling yang biasa dicampurkan pada minuman segar, memiliki banyak khasiat kesehatan, seperti mencegah osteoporosis, nyeri sendi dan menyehatkan sistem pencernaan.

Salah satu warga Samigaluh Kulonprogo, Nuri DK mengaku senang rutin mengkonsumsi asupan berbahan kolang-kaling. Pasalnya, selain memiliki cita rasa khas, juga ada manfaat kesehatannya.

Caranya bisa juga kolang-kaling cukup direbus lalu dicampur dengan sirup ataupun air hangat yang sudah diberi gula aren.

Baca Juga: Jadi Suami Kuntilanak 2: Ternyata Minta Tumbal Nyawa Manusia

Ia meyakini ada beberapa manfaat kesehatannya dengan rutin mengkonsumsi kolang-kaling. Antara lain dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

“Terutama kandungan serat pada kolang-kaling yang cukup tinggi, sehingga dapat berperan dalam menyehatkan sistem pencernaan secara alami,” jelas Nuri.

Tak kalah penting, dengan rutin mengkonsumsi olahan kolang-kaling juga diyakini bisa membantu mencegah osteoporosis atau keropos tulang. Selain itu bisa membantu mencegah dan melawan nyeri sendi

Baca Juga: Pernikahan yang Tak Direstui 23: Seribu Kawan Terlalu Sedikit

Adapun kandungan karbohidratnya dapat memberikan rasa kenyang dan memberikan energi, sehingga kolang-kaling sangat cocok untuk dikonsumsi bagi sedang menjalankan proses program diet sehat.

Ada lagi kandungan galaktomanannan  pada kolang-kaling diyakini dapat membantu meredakan sakit yang disebabkan oleh peradangan pada sendi.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X