• Rabu, 5 Oktober 2022

86 persen bisnis UMKM bergantung internet, begini penjelasan Teten Masduki

- Senin, 8 Agustus 2022 | 11:21 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat mengunjungi stan salah satu pelaku UMKM dalam kegiatan Jakarta Kreatif Festival 2022 di Mal Sarinah, Jakarta, Kamis (16/6/2022).  (ANTARA/M Baqir Idrus Alatas.)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat mengunjungi stan salah satu pelaku UMKM dalam kegiatan Jakarta Kreatif Festival 2022 di Mal Sarinah, Jakarta, Kamis (16/6/2022). (ANTARA/M Baqir Idrus Alatas.)



HARIAN MERAPI - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki mengatakan, 86 persen bisnis UMKM bergantung pada internet.


Menurut Teten, ekonomi digital sangat lekat dengan pemanfaatan aspek digital oleh proses bisnis UMKM dan koperasi.


Teten mengungkapkan hal itu dalam side event G20 Indonesia bertajuk Digital Economy to Support SDGs yang dipantau di Jakarta, Senin.

Baca Juga: BLACKPINK akan rilis Pink Venom jelang album barunya, catat tanggalnya


"Tercatat 86 persen pelaku UMKM tergantung pada internet untuk menjalankan kegiatan usahanya, 73 persen memiliki akun pada lokapasar digital, dan 82 persen promosi melalui internet," ujarnya .

Teten menjelaskan UMKM yang menyumbangkan 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional memiliki peran penting dalam peta ekonomi digital Indonesia.

Peran itu tidak lantas surut saat pandemi menerpa Indonesia, karena kemampuan adaptasi UMKM yang bertransformasi selama pandemi terbukti menjadi faktor kunci resiliensi UMKM di Indonesia.

"Studi oleh World Bank menyebutkan bahwa 80 persen UMKM yang telah hadir dalam ekosistem digital memiliki resiliensi lebih baik di masa pandemi," kata Teten.

Baca Juga: DPR dorong Kemlu RI galang kekuatan hentikan serangan brutal Israel terhadap Palestina.

Transformasi digital UMKM Indonesia menjadi sebuah keniscayaan pada era disrupsi digital dalam penghujung pandemi COVID-19 dan dihadapkan potensi bonus demografi.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X