• Sabtu, 20 Agustus 2022

Uji Coba Berjalan Mulus, 5G XL Axiata Dukung MotoGP Mandalika

- Minggu, 20 Februari 2022 | 15:00 WIB
Sejumah teknisi sedang bekerja dengan perangkat Mobile Base Transceiver Station (MBTS) milik XL Axiata di sekitar area Sirkuit Mandalika, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, awal pekan ini. Guna mensukseskan balap MotoGP Mandalika, 18-20 Maret 2022, XL Axiata akan menghadirkan layanan 5G di area sirkuit yang bisa diakses secara gratis.  (Dok XL Axiata)
Sejumah teknisi sedang bekerja dengan perangkat Mobile Base Transceiver Station (MBTS) milik XL Axiata di sekitar area Sirkuit Mandalika, Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, awal pekan ini. Guna mensukseskan balap MotoGP Mandalika, 18-20 Maret 2022, XL Axiata akan menghadirkan layanan 5G di area sirkuit yang bisa diakses secara gratis. (Dok XL Axiata)

JAKARTA, harianmerapi.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) akan menghadirkan layanan 5G di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Berbagai persiapan saat ini sedang dilakukan di lapangan agar layanan data dan internet super cepat ini bisa hadir mendukung gelaran balap motor MotoGP di Mandalika">Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022, baik untuk tujuan 5G Experience maupun 5G Showcase.

Salah satu tahap persiapan yang sudah berlangsung adalah uji coba 5G XL Axiata secara terbatas di lapangan, yaitu pada 12 Februari 2022, dengan hasil cukup memuaskan.

Baca Juga: Disebut Sirkuit Tercantik di Dunia, Ini 6 Fakta Menarik Pertamina Mandalika International Street Circuit

“Uji coba 5G XL Axiata sudah kami laksanakan pada 12 Februari kemarin, pada kesempatan ini, kami telah menguji beberapa aspek teknis, dengan bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan beberapa operator satelit untuk melaksanakan pengujian co-existence pada spektrum 3.5GHz di Kawasan sirkuit Mandalika," kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Jumat (18/2/2022).

Uji co-existence ini dimaksudkan untuk memastikan jaringan 5G yang akan digelar nanti tidak mengganggu sistem operasional satelit yang telah ada di sekitar kawasan.

"Hasilnya cukup memuaskan sementara ini, di mana tidak ditemukan adanya gangguan di jaringan satelit akibat dari pemanfaatan 5G. Semua hal terkait proses uji coba, termasuk hasilnya, telah kami laporkan kepada Kominfo,” terangnya.

Baca Juga: Demi Penuhi Standar MotoGP, Pertamina Mandalika International Street Circuit Berbenah Lagi

Gede melanjutkan, guna menyelenggarakan layanan 5G di Mandalika ini, XL Axiata akan menggunakan spektrum pita frekuensi 3.5GHz dan 26GHz untuk menghadirkan real 5G experience bagi pelanggan, khususnya bagi pengunjung yang berada di Mandalika">Sirkuit Mandalika.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan juta dana CSR BRI mengalir ke Temanggung

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:35 WIB
X