• Sabtu, 20 Agustus 2022

XL Axiata Pastikan Jaringan Aman Pasca Erupsi Gunung Semeru, Buka Layanan Gratis dan SMS Donasi

- Rabu, 8 Desember 2021 | 08:15 WIB
Teknisi XL Axiata sedang bekerja di atas menara guna mengoptimalkan dan memeriksa perangkat BTS dan microwave, berlokasi di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).  (Dok XL Axiata)
Teknisi XL Axiata sedang bekerja di atas menara guna mengoptimalkan dan memeriksa perangkat BTS dan microwave, berlokasi di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). (Dok XL Axiata)

LUMAJANG, harianmerapi.com - PT XL Axiata TBK (XL Axiata) memastikan semua layanan telekomunikasinya aman, tidak terdampak secara signifikan akibat terjadinya erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021).

XL Axiata memiliki sekitar 33 BTS di radius 20 km dari gunung tersebut, 3 BTS di antaranya sempat padam sesaat terjadi erupsi yang disertai hujan abu dan pasir.

Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan, BTS XL Axiata yang terdekat berjarak sekitar 11 km dari pusat erupsi. Erupsi dan hujan abu dan pasirnya sangat dahsyat sampai memutus pasokan listrik ke beberapa BTS.

Baca Juga: Derai Air Mata untuk Rumini yang Peluk Ibunya Saat Erupsi Gunung Semeru Menerjang Desanya

"Sebagian BTS lainnya tetap bisa menyala karena ada genset. Kami akan berupaya keras untuk tetap menjaga layanan di area bencana ini karena tentu saat ini layanan telekomunikasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak dan aparat," katanya, Rabu (8/12/2021)

Hingga 7 Desember 2021, jaringan XL Axiata di Kabupaten Lumajang terutama Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Tempursari telah berangsur normal kembali. Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data.

Seiring dengan sudah mulai menyala lagi aliran listrik di beberapa area pasca erupsi, maka semua BTS yang sempat terdampak juga sudah bisa beroperasi lagi. XL Axiata memiliki lebih dari 103 BTS di Kabupaten Lumajang, termasuk di lokasi bencana.

Baca Juga: Rumini Tewas Memeluk Ibunya, Detik-detik Relawan Membuka Rumah di Lumajang dan Temukan Jasad Berpelukan

Tim teknis XL Axiata di lapangan, saat ini terus melakukan pemantauan dan pengecekkan untuk memastikan jaringan dan layanan tetap berfungsi optimal untuk digunakan masyarakat dan pelanggan.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ratusan juta dana CSR BRI mengalir ke Temanggung

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:35 WIB
X