• Senin, 27 Juni 2022

Pemerintah Terapkan PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, PHRI DIY Khawatir Banyak Pembatalan Reservasi Hotel

- Kamis, 18 November 2021 | 17:02 WIB
Ilustrasi - Penerapan protokol kesehatan bagi tamu yang akan menginap di hotel di Yogyakarta.  (ANTARA/Eka AR.)
Ilustrasi - Penerapan protokol kesehatan bagi tamu yang akan menginap di hotel di Yogyakarta. (ANTARA/Eka AR.)

JOGJA, harianmerapi.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta mengkhawatirkan banyaknya pembatalan reservasi kamar hotel di masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 saat pemerintah menerapkan kebijakan PPKM Level 3 yang berlaku secara nasional mulai 24 Desember.

“Reservasi kamar hotel di masa libur Natal dan Tahun Baru sudah cukup baik. Kami khawatir banyak yang membatalkan jika kebijakan itu diterapkan,” kata Ketua PHRI DIY Deddy Pranawa Eryana di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Deddy, kekhawatiran tersebut disebabkan dalam kebijakan PPKM Level 3 terdapat sejumlah ketentuan untuk membatasi mobilitas masyarakat dan mengurangi potensi kerumunan, salah satunya imbauan untuk tidak bepergian.

Baca Juga: Diklat Menwa UNS yang Tewaskan Gilang Endy Saputra Direkonstruksi, Tersangka Bantah Adegan Pukul Pakai Senjata

Imbauan tersebut, menurut Deddy, akan sangat mempengaruhi okupansi hotel di DIY karena bisnis hotel tergantung dari mobilitas masyarakat.

Berdasarkan data PHRI DIY, tingkat reservasi kamar hotel pada libur Nataru terhitung sejak 22 Desember hingga 2 Januari 2022, sudah mencapai 40-70 persen dari total kamar yang diizinkan dioperasionalkan.

Bahkan, hotel yang berada di area tengah DIY memiliki reservasi yang lebih tinggi yaitu hingga 80 persen serta untuk area di bagian utara, timur dan barat DIY sekitar 40-70 persen.

Baca Juga: Pemerintah Naikkan PPKM Level 3 Saat Nataru, DPRD DIY: Lebih Baik Jaga Beberapa Hari Daripada Ada Lonjakan

“Akan lebih baik jika aturan bepergian yang diperketat yaitu menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Menunjukkan sertifikat vaksinasi dan hasil negatif antigen,” katanya.

PHRI DIY, lanjut Deddy, juga siap menerapkan protokol kesehatan secara ketat saat menerima tamu. “Tentunya, kami akan melakukan pemantauan pelaksanaan protokol kesehatan untuk hotel dan restoran yang berada di bawah asosiasi ini,” katanya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips bagi Pelaku UMKM yang Akan Go Digital...

Minggu, 26 Juni 2022 | 12:30 WIB
X