• Rabu, 8 Desember 2021

Piala Thomas. Penantian Sembilan Belas Tahun itu Berakhir Sudah

- Senin, 18 Oktober 2021 | 17:39 WIB
Para pemain dan official Indonesia melakukan selebrasi dengah memperlihatkan medali emas seraya mengangkat Piala Thomas setelah pemberian medali dan penyerahan piala kepada tim Indonesia yang berhasil meraih gelar juara, di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia berhasil merebut Piala Thomas setelah berhasll mengalahkan China di babak final 3-0.  (ANTARA FOTO/Ritzau Scanpix via Reutters)
Para pemain dan official Indonesia melakukan selebrasi dengah memperlihatkan medali emas seraya mengangkat Piala Thomas setelah pemberian medali dan penyerahan piala kepada tim Indonesia yang berhasil meraih gelar juara, di Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021). Indonesia berhasil merebut Piala Thomas setelah berhasll mengalahkan China di babak final 3-0. (ANTARA FOTO/Ritzau Scanpix via Reutters)

 

SEMBILAN belas tahun bukanlah waktu yang singkat dalam penantian. Itulah mengapa kembalinya Piala Thomas ke pangkuan Ibu Pertiwi terasa istimewa. Bukan saja karena sudah lama dinanti, tetapi juga karena piala itu sangat familiar bagi pecinta bulu tangkis Indonesia.

Bagaimana tidak, Indonesia sudah memenangi piala itu sejak 1958 hingga awal 2000-an, sejak masa Tan Joe Hock dan Ferry Sonneville hingga eranya Taufik Hidayat. Sepertinya, hampir tidak ada bintang bulu tangkis putra Indonesia yang tidak terlibat dalam kejuaraan tersebut.

Oleh karena itu, kemenangan Hendra Setiawan dan kawan-kawan di Aarhus Denmark pada Minggu malam seolah membangkitkan kembali kenangan sejumlah mantan pebulu tangkis nasional. Mereka serta merta menyampaikan ucapan selamat dan rasa gembiranya.

Baca Juga: Saf Salat di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Kembali Rapat, Indonesia Belum Bisa , Ini Alasannya

"Selamat buat Tim Thomas Indonesia juara," kata peraih medali perak tunggal putra Olimpiade Sydney 2000, Hendrawan, melalui pesan singkat telepon seluler Minggu (17/10/2021) malam, sesaat setelah Tim Indonesia memastikan juara.

Hendrawan adalah salah satu pemain yang ikut menentukan kemenangan Tim Piala Thomas Indonesia pada 2002 yang sudah bertahun-tahun tinggal di Malaysia sebagai pelatih bulu tangkis di sana.

Dua mantan pebulu tangkis yang saat ini tinggal di Amerika Serikat, Tony Gunawan dan Halim Haryanto, juga menyatakan kegembiaraan mereka.

Baca Juga: Kasus Larangan Pengibaran Merah Putih, Menpora dan LADI Minta Maaf

"Luar biasa. Big congratulation for Indonesia Team. After 19 years," tulis Tony pada akun Instagramnya. Tulisan tersebut berlatar foto Piala Thomas dan angka 14 yang menunjukkan untuk ke-14 kalinya Indonesia menjuarai Piala Thomas, terbanyak dibandingkan dengan tim mana pun.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peta Kekuatan Pesaing PSIM di Babak 8 Besar Liga 2

Senin, 6 Desember 2021 | 10:15 WIB

Kapten PSIM Ungkap Resep Lolos Babak 8 Besar Liga 2

Minggu, 5 Desember 2021 | 21:50 WIB

BOSA All Crack Tundukkan PS Jambu Luwuk

Minggu, 5 Desember 2021 | 16:15 WIB
X