Efek Rumah Kaca rilis album keempat bertajuk Rimpang, konsisten usung tema kritik dan diksi unik

- Selasa, 24 Januari 2023 | 08:00 WIB
Kelompok musik Efek Rumah Kaca, dari kiri Akbar Bagus Sudibyo, Cholil Mahmud, Poppie Airil dan Reza Ryan.  (ANTARA/HO-idiiw records)
Kelompok musik Efek Rumah Kaca, dari kiri Akbar Bagus Sudibyo, Cholil Mahmud, Poppie Airil dan Reza Ryan. (ANTARA/HO-idiiw records)

HARIAN MERAPI - Efek Rumah Kaca (ERK) akan merilis album keempat pada 27 Januari 2023.

Dalam album yang dinamai 'Rimpang' tersebut, Efek Rumah Kaca konsisten membawa semangat kritik-otokritik, kesah, serta gelisah.

"Saya dan Reza mewakili dua personel lainnya yang sedang berada di Amerika, mengucapkan terima kasih atas dukungan semua orang di album ini. Kami merasa bersukacita sekaligus agak deg-degan juga karena akhirnya bisa merilis album penuh baru," kata penggebuk drum Akbar Bagus Sudibyo saat sesi dengar album 'Rimpang' di Jakarta, Senin malam (23/1/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Hari ini Netflix rilis teaser drama The Glory Part 2, lebih tegang, panas dan intens

ERK, band unit indie asal Jakarta, belum merilis album penuh sejak 'Sinestesia' menyapa Penerka pada akhir tahun 2015.

Band yang kini diawaki Cholil Mahmud (vokal/gitar), Poppie Airil (vokal/bas), Akbar Bagus Sudibyo (drum) dan Reza Ryan (gitar) ini sempat menelurkan mini album 'Jalan Enam Tiga' pada 2020 lalu.

Sejak itu, perlahan kuartet ini mengumpulkan materi lagu, mengaransemen, membongkar ulang, hingga menyelesaikan proses rekaman sepuluh lagu di dalam Rimpang.

Baca Juga: Nirvana dianugerahi penghargaan seumur hidup dari Grammy

Bukan ERK namanya kalau tidak menebar diksi-diksi unik semacam opresi atau klandenstin dalam larik-larik lagu mereka di 'Rimpang'.

Meski begitu, album yang kental dengan kritik sosial ini juga masih sangat bisa dinikmati dan terdengar manis, semisal lewat lirik 'orang-orang akan menyelimutimu, harapan jenak selalu tidurmu' dari lagu 'Tetaplah Terlelap'.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini cara Sridevi mengungkapkan perasan cinta

Selasa, 17 Januari 2023 | 19:55 WIB
X