• Selasa, 27 September 2022

Tetenger WR Supratman dipasang di puncak makam seniman dan budayawan Girisapto.

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:17 WIB
Suasana pemasangan Tetenger W.R. Supratman di puncak Kompleks Makam Seniman dan Budayawan Girisapto Imogiri.  (Teguh Priyono)
Suasana pemasangan Tetenger W.R. Supratman di puncak Kompleks Makam Seniman dan Budayawan Girisapto Imogiri. (Teguh Priyono)

HARIAN MERAPI- Menyongsong HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Panitia 'Tribut Tiga Komponis Bangsa Milenial to 2045', menggelar kegiatan memasang tetenger atau prasasti WR Supratman pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya di Puncak kompleks Makam Seniman dan Budayawan Girisapto, Imogiri, Bantul.

Sebagai mana diungkap oleh inisiator 'Tribut Tiga Komponis Bangsa Milenial to 2045', Sigit Sugito, kegiatan ini merupakan rangkaian dari semua agenda yang direncanakan hingga tahun 2045 genap seabad berdirinya NKRI.

Kegiatan pasang tetenger WR Supratman ini menurut dia merupakan salah satu cara untuk mendekatkan anak-anak milenial kepada sejarah bangsa.

Baca Juga: Polemik jilbab tidak perlu terjadi jika paham karakter pelajar Pancasila

Termasuk juga mengenal pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang karyanya selalu berkumandang pada setiap kesempatan dan acara resmi kedinasan.

"Ini salah satu upaya untuk lebih mendekatkan anak-anak milenial yang mungkin mulai jauh bahkan tidak mengenal pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, jangan sampai hal terjadi," ucap Sigit Sugito yang akrab disapa Sigsug kepada sejumlah media di Kompleks Makam Seniman dan Budayawan Girisapto, Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Bantul, Selasa (16/8/2022) sore.

Dijelaskan Sigsug, Tetenger WR Supratman merupakan kegiatan semacam ritual kecil lebih bersifat tradisi yaitu menanam kembali sebagian tanah ari-ari yang berasal dari tempat kelahiran W.R Supratman kenudian ditanam kembali di puncak Kompleks Makam Seniman dan Budayawan Girisapto.

Hal ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada Komponis WR Supratman yang juga mendapat gelar Pahlawan Nasional.

Baca Juga: Bendera merah putih sepanjang 77 meter dibentangkan di dasar laut Manokwari, ini penampakannya

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X