• Rabu, 5 Oktober 2022

GKR Mangkubumi prihatin lagu-lagu perjuangan redup

- Kamis, 21 Juli 2022 | 21:10 WIB
GKR Mangkubumi sedang memberikan paparannya terkait nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila.  (Teguh Priyono)
GKR Mangkubumi sedang memberikan paparannya terkait nilai-nilai kebangsaan dan Pancasila. (Teguh Priyono)

HARIAN MERAPI - Anak muda sudah jarang menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan lagu kebangsaan. Sepertinya lagu-lagu itu sudah redup tersingkir oleh berbagai perubahan zaman yang terasa semakin menjauhkan anak-anak milenial dari sejarah bangsa ini.

Begitu papar GKR Mangkubumi di hadapan generasi milenial dari berbagai perguruan tinggi dan organisasi kepemudaan dalam acara yang bertajuk "Dialog Milenial" Tribute to 3 Komponis Bangsa (WR Supratman, Kusnini dan Liberty Manik) Penguatan Pancasila Melalui Spirit dan Lirik Lagu-lagu Kebangsaan yang digelar Gedung Kantor DPD RI Kusumanegara, Rabu (20/7/2022).

Gusti Mangku begitu sapaan putri sulung Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X ini mengatakan, lagu-lagu perjuangan itu dicipta oleh bapak-bapak kita yang sedemikian hebat.

Baca Juga: Pilot meninggal dunia, Citilink Indonesia : Pilot dalam kondisi fit dan laik terbang

Tidak hanya lirik lagunya sedemikian indah tetapi syair yang terkandung di dalamnya banyak memberi semangat dan spirit bagi perjuangan bangsa di masa lalu.

"Tapi sekarang lagu-lagu itu seperti redup. Kita perlu mengambil kesempatan untuk kembali menggelorakan lagu-lagu perjuangan itu dengan mengadakan lomba lagu perjuangan bagi anak-anak milenial," tandas Gusti Mangku.

Menurut Gusti Mangku, kalau kita menyanyikan lagu-lagu perjuangan dan mampu memahami syair yang terkandung di dalam lagu itu, pasti akan merasa bangga sebagai anak milenial bangsa Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan bahasa sedemikian banyak.

Baca Juga: Nikita Mirzani ditangkap polisi, ini kasus yang menjeratnya

Sehingga ada rasa memiliki dan terpanggil untuk meneruskan semanagat perjuangan para pendahulu bangsa ini.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X