• Kamis, 23 September 2021

Mahasiswa UGM Ciptakan 'Sinoma', Aplikasi Skrining Kanker Mulut, Ini Manfaatnya

- Senin, 6 September 2021 | 23:04 WIB
Sekelompok mahasiswa UGM menciptakan aplikasi android yang dapat digunakan untuk skrining kanker mulut.  (ANTARA/HO/Humas UGM)
Sekelompok mahasiswa UGM menciptakan aplikasi android yang dapat digunakan untuk skrining kanker mulut. (ANTARA/HO/Humas UGM)


YOGYA, harianmerapi.com - Mahasiswa UGM kembali mengukir prestasi yang membanggakan. Kali ini sekelompok mahasiswa UGM menciptakan aplikasi Android yang dapat digunakan untuk skrining kanker mulut yang diberi nama 'Sinoma'.

Aplikasi Sinoma ini dikembangkan oleh Kayla Queenazima Santoso (Teknik Biomedis 2020), Fathan Hudyaussie Santoso (Teknologi Informasi 2019), Mutia Fitri Akmalia (Pendidikan Dokter Gigi 2019), dan Safhira Anggraini Putri (Pendidikan Dokter Gigi 2020).

"Dengan Sinoma ini, kami berharap semakin banyak masyarakat yang peduli pada kanker mulut. Kami berharap pasien bisa mendapatkan penanganan kanker mulut sejak dini, sehingga meningkatkan kemungkinan untuk sembuh," ujar anggota tim, Sinoma, Kayla Queenazima Santoso dalam keterangan tertulis di Yogyakarta, Senin (6/9/2021)

Baca Juga: Setelah Delta Muncul Varian MU, Jokowi Minta Menhub Waspada

 

Aplikasi yang berbasis "machine learning" tersebut, merupakan proyek yang berasal dari pendanaan Kemdikbudristek dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karya Cipta tahun 2021.

Menurut data yang dihimpun dari Global Cancer Observatory (lembaga di bawah WHO), terdapat 5.780 penambahan kasus baru kanker mulut pada 2020 di Indonesia.

Kayla serta tim kemudian melihat bahwa penanganan kasus kanker mulut masih terkendala, karena pandemi Covid-19.

Menurutnya, banyak fasilitas kesehatan gigi mulut yang tutup. Jika dibuka, jumlah pengunjung atau pasiennya dibatasi.

 

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Terkini

UGM Tuan Rumah Kontes Robot Indonesia 2021

Rabu, 15 September 2021 | 09:29 WIB
X