• Selasa, 19 Oktober 2021

Dampak PPKM, Jumlah Keberangkatan di Terminal Dhaksinarga Gunungkidul Rata-rata Hanya 100 Penumpang per Hari

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 16:05 WIB
Terminal Dhaksinarga Kabupaten Gunungkidul.  (Foto: ANTARA/Sutarmi)
Terminal Dhaksinarga Kabupaten Gunungkidul. (Foto: ANTARA/Sutarmi)

GUNUNGKIDUL, harianmerapi.com - Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 berdampak pada aktivitas Terminal Dhaksinarga Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdasarkan data yang dimiliki petugas di terminal jika dirata-rata jumlah penumpang hanya 100 orang per hari.

Penurunan pergerakan angkutan dan penumpang di terminal tersebut terjadi sejak awal Juli 2021. Penurunannya mencapai 60 persen.

Menurut Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Dhaksinarga Wonosari Sularjo berdasarkan data petugas di Terminal Dhaksinarga mencatat bahwa angka kedatangan penumpang mencapai 898 orang dengan 1.243 armada. Angkutan yang digunakan antara lain Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Baca Juga: Perbup Oksigen Gratis Kelar, Pemkab Bantul Masih Harus Ujicoba Sebelum Disalurkan ke Warga

Sedang di pintu keberangkatan, tercatat sebanyak 4.150 penumpang dengan 1.243 armada. Namun jika melihat data secara harian, jumlah penumpang yang berangkat di bawah 100 orang per hari.

"Sejak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak awal Juli 2021 berdasarkan data di lapangan terjadi penurunan pergerakan angkutan dan penumpang hingga 60 persen. PPKM ini sangat berpengaruh pada mobilitas masyarakat yang akan berpergian dan datang di Gunungkidul," katanya, Selasa (10/8/2021).

Pada Minggu (8/8)) tercatat di kedatangan sebanyak 212 penumpang dan 356 armada. Sedangkan keberangkatan ada 1.516 penumpang dengan 356 armada.

"Penumbang yang berangkat dari terminal tujuannya menuju Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)," katanya.

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X