Sejarah Kopi Babahkacamata, mulai diproduksi 1965 hingga kini jadi oleh-oleh legendaris Salatiga

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 14:29 WIB
Kopi olahan rumah khas Salatiga yang jadi pilihan oleh-oleh para pengunjung yang datang di Salatiga. (Foto: Edy Susanto)
Kopi olahan rumah khas Salatiga yang jadi pilihan oleh-oleh para pengunjung yang datang di Salatiga. (Foto: Edy Susanto)


HARIAN MERAPI- Bagi Anda yang memang penyuka/penggemar kopi dan hobi ngopi maka tak heran jika sedang berada di sebuah daerah akan mencari kopi khas dan legendaris daerah tersebut. 

Demikian juga dengan Kota Salatiga, Jawa Tengah. Di kota ini meski tidak begitu banyak memiliki kebun kopi, namun jangan kaget bila di Salatiga ada kopi yang enak banget untuk dinikmati ketika bersantai di rumah atau bersama teman. 

kopi produksi Salatiga yang memiliki nama kondang sejak puluhan lalu salah satunya adalah kopi legendaris Babahkacamata, yang memang perintis home industri kopi olahan rumahan ini sudah ada sejak 1965.

Kini kopi babah kaca mata ini menjadi oleh oleh khas dari Salatiga bagi penyuka kopi atau dibagikan kepada tetangga di rumah. 

Baca Juga: Ramalan Zodiak Virgo Besok 22 Januari 2023, gugup saat berkencan dengan seseorang yang spesial

kopi satu ini jenis robusta dan diolah rumahan di Salatiga dan yang pasti nikmat sekali diseruput saat masih panas. 

"Perintis kopi Salatiga ini sudah sejak 1965 dan sudah generasi 2. Perintisnya memakai kaca mata sehingga saat ini terkenal dengan kopi cap babah kacamat Salatiga, " ujar beberapa pegawai ditemui di lapak dagang heritage Salatiga, Jalan Kalinyamat belakang Pasaraya 1 Salatiga

Pabrik kopi rumahan ini sudah berdiri sejak 1965 di Salatiga. Pertama kali dibuka oleh sepasang suami istri Warsono (Tan Tjun Gwan) dan Lucia Rusmiyati.

Usaha ini kini dieruskan oleh anak dan keluarga pasangan tersebut. kopi olahan ini saat ini sudah menjadi pilihan utama oleh oleh Salatiga Jateng selain enting-enting gepuk. Silahkan coba jika anda beekunjung ke Kota Salatiga

"Pancen enak kopinya, nikmat, " ungkap Hj Endang Sedijati dari Ponorogo penggemar kopi sejak masih muda ketika kunjungi Kota Salatiga. *

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X