Polres Sukoharjo gelar simulasi pengamanan Pilkades, Kapolres: supaya petugas tak gugup dan grogi

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:32 WIB
 Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat memimpin simulasi pengamanan Pilkades serentak 13 desa. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)
Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan saat memimpin simulasi pengamanan Pilkades serentak 13 desa. (Foto: Wahyu Imam Ibadi)

HARIAN MERAPI-Tim gabungan melakukan simulasi pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) dalam rangka pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 13 desa pada 8 Desember 2022. Simulasi dilakukan sebagai bentuk kesiapan petugas. Kegiatan digelar di halaman Pemkab Sukoharjo, Sabtu (3/12/2022).

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, simulasi disaksikan langsung Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sukoharjo.

Petugas yang dilibatkan berasal dari berbagai pihak. Tim gabungan tersebut seperti Polres, Kodim 0726, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Linmas.

Simulasi digelar dengan maksud sebagai bentuk persiapan petugas dalam pelaksanaan Pilkades serentak. Sebab saat Pilkades serentak 13 desa pada digelar 8 Desember 2022 nanti melibatkan tim gabungan.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Libra 4 Desember 2022, suasana romantis datang, manfaatkan momen intim dengan kekasih

Tim gabungan yang berasal dari berbagai petugas lintas terkait sangat diperlukan dalam membantu pengamanan Pilkades. Karena itu petugas yang berasal dari pihak terkait perlu disimulasikan mengenai tugas sehingga saat pelaksanaan Pilkades mereka bisa memahami apa yang harus dilakukan.

"Petugas biar tidak gugup atau tidak grogi. Semua disimulasikan dalam kegiatan ini seakan-akan seperti saat coblosan Pilkades. Jadi saat Pilkades digelar 8 Desember 2022 nanti petugas siap semua. Baik Polri, TNI dan Satpol PP siap," ujarnya.

Kapolres menjelaskan, kegiatan dilakukan dimulai dengan simulasi adanya potensi kerusuhan usai coblosan digelar. Petugas dari tim gabungan yang sudah disiapkan mampu mengatasi dan mencegah kerusuhan.

Simulasi juga dilakukan dengan melakukan suasana pencoblosan dan aksi demo. Petugas dari tim gabungan dihadapan situasi tersebut seakan-akan kejadian nyata saat Pilkades digelar. Dengan demikian maka petugas akan menjadi lebih siap dalam menghadapi kerawanan kerusuhan.

Kapolres mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk memantapkan pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak pada 8 Desember 2022 mendatang.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X