Sebagian besar wilayah di Indonesia diprakirakan hujan lebat disertai petir, ini rinciannya

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 10:25 WIB
Pengendara motor menerobos hujan yang mengguyur Kota Lhokseumawe di Aceh, Selasa (10/9/2019). ( ANTARA FOTO/Rahmad)
Pengendara motor menerobos hujan yang mengguyur Kota Lhokseumawe di Aceh, Selasa (10/9/2019). ( ANTARA FOTO/Rahmad)

HARIAN MERAPI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir di beberapa kota dan sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia.

Dalam peringatan dini cuaca dikutip dari Jakarta, Sabtu (3/12/2022), BMKG memprakirakan hujan lebat dapat turun di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.

Hujan lebat juga berpotensi turun di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: 16 Besar Piala Dunia, catatan, prediksi dan susunan pemain Belanda vs Amerika Serikat

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan terjadi di DKI Jakarta.

Kota-kota di Indonesia yang berpotensi mengalami hujan lebat yang berpotensi disertai petir pada hari ini adalah Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Palembang, dan Medan.

Khusus untuk DKI Jakarta, hujan intensitas sedang diprakirakan turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam hari.

Baca Juga: Klasemen akhir penyisihan Grup dan jadwal 16 besar Piala Dunia Qatar 2022

Hujan ringan dapat turun di Jakarta Barat pada siang dan malam hari, Jakarta Pusat pada malam hari, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari, serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG juga memperingatkan wilayah Sumatera Barat masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir dan longsor.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X