Gempa Cianjur, ini imbauan BMKG kepada masyarakat agar terhindar dari bencana susulan

- Senin, 21 November 2022 | 17:34 WIB
Tangkapan layar. Konferensi pers gempa Cianjur yang digelar BMKG bersama BNPB. (Info BMKG)
Tangkapan layar. Konferensi pers gempa Cianjur yang digelar BMKG bersama BNPB. (Info BMKG)

HARIAN MERAPI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melakukan konferensi pers secara daring melalui zoom meeting dan youtube terkait gempa Cianjur. Berikut pesan dari BMKG untuk masyarakat.

Masyarakat diimbau untuk tetap tenang namun tetap waspada terkait gempa Cianjur, sebab dari pihak BMKG hingga saat ini masih terus memonitor perkembangan gempa tersebut.

Adapun untuk perkembangan gempa Cianjur, masyarakat dapat melihat antara lain melalui mobile phone, info BMKG sehingga mengetahui apa yang sedang terjadi, sehingga semestinya masyarakat tidak panik.

Baca Juga: BMKG kerahkan tiga tim tangani bencana gempa Cianjur, apa saja tugasnya

Kemudian masyarakat juga diimbau untuk menghindari bangunan-bangunan yang sudah retak dan menghindari lereng-lereng yang gampang terkena longsor terutama di saat cuaca sedang hujan.

Material-material lereng yang sudah rapuh, kemudian adanya gempa bila tersapu hujan dapat mengakibatkan longsor dan banjir bandang sehingga masyarakat diimbau untuk menghindari zona-zona di dekat lereng.

Kemudian masyarakat diimbau untuk menjauhi bantaran-bantaran sungai terutama di malam hari yang gelap, sehingga jika terjadi banjir tidak terlihat.

Baca Juga: Gempa Cianjur ramai dibahas di medsos, saksi: serem banget ya Allah...

BMKG menghimbau untuk amannya menjauh terlebih dahulu dan memonitor BMKG serta BNPB. *

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X