Lowongan kerja, 40 perusahaan butuhkan sekitar 4.000 pekerja

- Selasa, 22 November 2022 | 20:15 WIB
Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto membuka Job Fair Kabupaten Magelang 2022. ANTARA/HO - Bagian Prokompim Pemerintah Kabupaten Magelang (ANTARA/HO - Bagian Prokompim Pemerintah Kabupaten Magelang)
Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto membuka Job Fair Kabupaten Magelang 2022. ANTARA/HO - Bagian Prokompim Pemerintah Kabupaten Magelang (ANTARA/HO - Bagian Prokompim Pemerintah Kabupaten Magelang)

 

HARIAN MERAPI - Pameran Bursa Kerja (Job Fair) Kabupaten Magelang 2022 yang dilaksanakan di Atrium Armada Town Square diikuti 40 perusahaan dengan membuka sekitar 4.000 lowongan kerja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang Sulamto di Magelang, Jawa Tengah, Selasa (22/11/2022), mengatakan puluhan perusahaan tersebut antara lain berasal dari Magelang, Semarang, Demak, Salatiga, Boyolali, Yogyakarta, Klaten, dan Surakarta.

Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan pada 22-23 November 2022 ini bisa mengurangi angka pengangguran sehingga banyak warga yang berdaya, meningkat secara ekonomi dan kesejahteraannya.

Baca Juga: Golkar harus tekankan aspek diferensiasi kampanye yang menyasar pemilih muda

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Adi Waryanto menyampaikan bahwa kondisi ketenagakerjaan di tengah-tengah pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi COVID-19 dihadapkan pada permasalahan dengan banyaknya pengangguran, salah satunya disebabkan adanya ketidakseimbangan antara jumlah pertumbuhan kesempatan kerja dengan pertumbuhan angkatan kerja yang ada.

Menurut dia, kualitas angkatan kerja yang masih rendah serta kurang tersebarnya informasi pasar kerja yang diterima oleh pencari kerja menyebabkan sulitnya pencari kerja menemukan lowongan kerja yang diinginkan.

"Begitu juga sebaliknya, perusahaan pun sulit mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan jabatan yang tersedia sehingga tidak semua pencari kerja dapat mengisi lowongan kerja yang ada," katanya.

Baca Juga: Mengenal Ki Joko Bodo saat hijrah

Adi menjelaskan, dalam upaya penanggulangan pengangguran ini, Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Magelang memandang perlu melaksanakan program peningkatan penyelenggaraan informasi bursa kerja berupa Pameran Bursa Kerja (Job Fair), yang bertujuan mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dengan perusahaan pengguna tenaga kerja.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pembentukan Panwaslu Desa mulai disosialisasikan

Rabu, 21 Desember 2022 | 08:00 WIB

330 calon PPK Kabupaten Magelang jalani tes wawancara

Selasa, 13 Desember 2022 | 06:00 WIB
X