Pertemuan Airlangga - Antonio Guterres, Sekjen PBB dukung penuh Presidensi G20 Indonesia dan KTT G20 di Bali

- Jumat, 28 Oktober 2022 | 08:44 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Sekjen PBB Antonio Guterres  (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Sekjen PBB Antonio Guterres (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian)

HARIAN MERAPI - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyatakan mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia dan penyelenggaraan KTT G20 di Bali.

Hal itu terungkap setelah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Sekjen PBB Antonio Guterres melakukan pertemuan bilateral secara tatap muka pada Rabu (26/10/2022) di Markas Besar PBB, New York.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Menteri Perindustrian, Wakil Tetap/ Dubes RI New York, beserta Delegasi Indonesia.

Baca Juga: Yogyakarta Komik Weeks 2022 usung tema Aksi Transisi, pamerkan 60 karya seniman di JNM

Pertemuan tersebut membahas berbagai dinamika geopolitik dan geoekonomi, dampak krisis global, dan perkembangan persiapan penyelenggaraan KTT G20 di Bali.

“Kami mendukung penuh dan bersedia menyuarakan kepentingan Presidensi G20 Indonesia, untuk keberhasilan penyelenggaraan KTT di Bali,” tegas Sekjen Guterres.

Sekjen Guterres juga menyampaikan rasa simpati dan keprihatinan atas berbagai tantangan global yang terjadi dalam masa kepemimpinan Indonesia pada G20, yang saat ini berlangsung dalam instabilitas geopolitik dunia, krisis multidimensi, dan proses pemulihan pasca pandemi Covid-19.

Sekjen PBB menyempatkan diri untuk menyampaikan perkembangan di berbagai sektor mencakup keuangan, perubahan klim, emerging economies dan transisi energi, dimana Indonesia juga terlibat di dalamnya.

Sekjen PBB juga meminta dukungan Indonesia dan negara berkembang besar lainnya seperti Brasil, India, dan Afrika Selatan untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam mengatasi dampak climate change.

Baca Juga: Tokoh-tokoh penting perempuan di balik ikrar Sumpah Pemuda

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AS akhirnya matikan jaringan 3G, ini sebabnya

Selasa, 3 Januari 2023 | 10:15 WIB
X