• Kamis, 8 Desember 2022

Ratu Inggris Queen Elizabeth II wafat, ini pernyataan resmi pertama Pangeran Charles sebagai raja

- Jumat, 9 September 2022 | 01:56 WIB
Pangeran Charles naik tahta menggantikan ibundanya Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis 8 September 2022. Charles bergelar Raja Charles III. (Foto: Twitter @collinbrazierGBN)
Pangeran Charles naik tahta menggantikan ibundanya Ratu Elizabeth II yang wafat pada Kamis 8 September 2022. Charles bergelar Raja Charles III. (Foto: Twitter @collinbrazierGBN)

HARIAN MERAPI - Meninggalnya Ratu Inggris Queen Elizabeth II pada hari Kamis 8 September 2022 sore waktu setempat otomatis membuat sang putra, Pangeran Charles, naik tahta menggantikan sang ibunda.

Pangeran Charles pun merilis pernyataan resmi pertamanya sebagai raja menggantikan Queen Elizabeth II melalui akun Instagram resmi @theroyalfamily sekitar pukul 01.15 WIB.

Dalam pernyataan yang diunggah oleh akun resmi The Royal Family setelah Queen Elizabeth II wafat, Pangeran Charles sudah disebut dengan “His Majesty The King” atau Yang Mulia Sang Raja.

Baca Juga: Ratu Inggris Queen Elizabeth II wafat, bertahta selama 70 tahun pimpin Kerajaan Inggris

Dalam pernyataan tersebut, Charles menulis, meninggalnya Ratu Elizabeth adalah sebuah kesedihan mendalam baginya dan seluruh keluarga.

“Meninggalnya ibu saya, Yang Mulia Sang Ratu, merupakan momen kesedihan terbesar bagi saya dan seluruh anggota keluarga,” tulisnya.

“Kami sangat berduka atas meninggalnya Sang Ratu yang dicintai oleh rakyatnya, dan seorang ibu yang sangat kami cintai. Saya tahu, kepergiannya akan sangat dirasakan di seluruh negeri ini, di negara-negara persemakmuran, dan banyak orang di seluruh dunia,” tambahnya.

Ia juga menulis, selama masa berkabung dan perubahan (kepemimpinan, red) ini, ia dan keluarga akan menjalaninya dengan kasih sayang dan rasa hormat yang diajarkan oleh mendiang Ratu Elizabeth II.

Unggahan tersebut langsung dibanjiri dengan ribuan ungkapan duka dari warganet dari berbagai negara.

Halaman:

Editor: Jarot Sarwosambodo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa itu KTT G20 yang akan berlangsung di Bali?

Rabu, 9 November 2022 | 10:30 WIB

Elon Musk bantah pecat karyawan Twitter

Senin, 31 Oktober 2022 | 12:50 WIB
X