• Kamis, 29 September 2022

Kecelakaan maut di Cianjur diakibatkan truk kelebihan muatan

- Senin, 15 Agustus 2022 | 20:50 WIB
Dirlantas Polda Jabar, Kombespol Romin Thaib, saat melakukan cek TKP truk maut yang menyebabkan enam orang meninggal di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Jawa Barat, akibat rem blong, Senin (15/8/2022).  (ANTARA/Ahmad Fikri.)
Dirlantas Polda Jabar, Kombespol Romin Thaib, saat melakukan cek TKP truk maut yang menyebabkan enam orang meninggal di Jalan Raya Cianjur-Sukabumi, Jawa Barat, akibat rem blong, Senin (15/8/2022). (ANTARA/Ahmad Fikri.)

 

CIANJUR, harianmerapi.com - Kecelakaan maut yang menyebabkan enam orang meninggal dunia di Desa Bangbayang, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, diakibatkan truk kelebihan muatan.

Dari hasil penyelidikan awal terungkap truk fuso bernomor polisi F 9125 WA yang membawa ribuan karung terigu melebihi kapasitas yang seharusnya.

"Hasil keterangan saksi menyebutkan truk sempat berhenti beberapa kali karena dipaksakan beroperasi," kata Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol Romin Thaib di Cianjur Senin (15/8/2022).

Baca Juga: Keberhasilan Indonesia dalam swasembada beras, strateginya perlu diadopsi untuk komoditas pangan lain

Ia menjelaskan, keterangan dari kernet truk yang selamat, mengatakan sempat berhenti karena berbagai masalah mulai dari mesin, ban hingga rem yang tidak berfungsi.

Namun sopir memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan dengan tujuan Cianjur dari Sukabumi.

Saat dilakukan penyelidikan di tempat kejadian, tutur dia, tidak ditemukan bekas pengereman dari truk dan saat dilakukan pemeriksaan ram cek, posisi perseneling dalam posisi netral dan kondisi ban sudah tidak layak pakai.

Baca Juga: Misteri kehamilan istri Pardi, saat menjelang kelahiran perutnya tiba-tiba kempes tanpa bekas, ada apa?

"Sudah jelas sejak berangkat dari garasi truk dipaksakan untuk beroperasi, hingga akhirnya saat jalan menurun tajam dengan beban yang melebihi kapasitas, membuat truk hilang kendali dan menghantam sejumlah kendaraan dengan korban jiwa sebanyak enam orang," katanya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.027 orang menari Tari Merak di Gedung Sate Bandung

Minggu, 18 September 2022 | 19:00 WIB
X