• Rabu, 17 Agustus 2022

Pendidikan karakter pelajar bisa melalui mencuci Bendera Merah Putih dan membagikannya kepada warga miskin

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Pendidikan karakter anak dapat ditanamkan melalui mencuci bendera merah putih.  (Arif Zaini Arrosyid)
Pendidikan karakter anak dapat ditanamkan melalui mencuci bendera merah putih. (Arif Zaini Arrosyid)


HARIANMERAPI.COM - Pada Agustus 2022, moment peringatan HUT Proklamasi 17 Agustus harus dimanfaatkan melakukan pendidikan karakter pada pelajar.

Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Temanggung Riyadi Kaunaen, Sabtu (6/8/2022) mengatakan pendidikan karakter di Agustus 2022 pada pelajar terutama bertema nasionalisme dan patriotisme.

Dia mengatakan pada Agustus 2022 Negara Kesatuan Republik Indonesia, berulang tahun ini ke 77. HUT ini untuk mengenang dan mengambil spirit Proklamasi 17 Agustus 1945.

Baca Juga: Ribuan pelajar Temanggung cuci bendera merah putih, untuk sambut HUT Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus

Riyadi yang mantan guru tersebut mengatakan pada Agutus 2022 pendidikan karakter pada pelajar dapat dilakukan melalui kegiatan sederhana tetapi penuh makna.

Kegiatan itu antara lain kegiatan mencuci bendera merah putih, dan pembagian pada masyarakat miskin yang ada di sekitar lingkungan sekolah.

Dia mengatakan nilai positif kegiatan itu antara lain pelajar mengenal simbol negara yakni bendera merah putih, sejarah perjuangan bangsa, makna warna merah dan putih serta berbagai nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme lainnya.

Baca Juga: Warga wajib mengibarkan bendera Merah Putih peringati Kemerdekaan RI, ini aturan lengkap ukuran bendera

Disampaikan dengan pembagian bendera merah putih pada masyarakat miskin di lingkungan sekolah, pelajar menjadi kenal dengan lingkungan.

Dikatakan sekolah atau guru membuka wawasan pelajar tentang pentingnya berbagi, menanamkan jiwa sosial, kedermawanan, kepedulian dan saling membantu sesama yang kurang beruntung.

Riyadi Kaunaen mengatakan menjadi kewajiban negara untuk memberikan bendera merah putih pada masyarakat miskin.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X