• Selasa, 9 Agustus 2022

Warga wajib mengibarkan bendera Merah Putih peringati Kemerdekaan RI, ini aturan lengkap ukuran bendera

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 07:03 WIB
Mengibarkan bendera merah putih wajib untuk memperingati Proklamasi 17 Agustus. Bendera yang dikibarkan juga harus sesuai aturan. (Arif Zaini Arrosyid )
Mengibarkan bendera merah putih wajib untuk memperingati Proklamasi 17 Agustus. Bendera yang dikibarkan juga harus sesuai aturan. (Arif Zaini Arrosyid )

HARIANMERAPI.COM - Semua elemen bangsa negara Indonesia wajib mengibarkan dan memasang bendera merah putih di bulan Agustus 2022.

Alasannya adalah di bulan Agustus 2022 ini ada hari sebagai momentum penting bagi berdirinya bangsa dan negara Indonesia, yakni peringatan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Mengibarkan dan memasang bendera merah putih untuk peringatan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 tidak boleh sembarangan, sebab ada aturannya, demikian pula dengan ukuran bendera merah putih.

Baca Juga: Aturan lengkap pengibaran bendera Merah Putih pada 17 Agustus 2022 memperingati Proklamasi Kemerdekaan RI

Untuk aturan dan kewajiban pengibaran bendera merah putih yakni Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Dalam Surat Edaran tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, pemasangan Bendera Merah Putih sudah bisa dilakukan mulai 1-31 Agustus 2022.

Pada pasal 7 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan, menjelaskan aturan pemasangan bendera Merah Putih yang benar dan tepat.

Baca Juga: Bharada E ditahan di Rutan Bareskrim usai dijadikan tersangka kasus baku tembak di rumah Irjen Ferdy Sambo

Berikut aturan lengkap pemasangan bendera Merah Putih:

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X