• Selasa, 27 September 2022

Ridwan Kamil komitmen perluas jaringan internet hingga 5.300 desa di Jawa Barat untuk wujudkan Desa Digital

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:17 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan paparan secara virtual padaforum Side Event of Think 20 (T20) Digital Transformation for Rural and Maritime Area.  (Humas Pemprov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memberikan paparan secara virtual padaforum Side Event of Think 20 (T20) Digital Transformation for Rural and Maritime Area. (Humas Pemprov Jabar)

HARIAN MERAPI - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berkomitmen untuk memperluas jaringan internet hingga ke semua desa di Jawa Barat.

Dalam forum Side Event of Think 20 (T20) Digital Transformation for Rural and Maritime Area, Ridwan Kamil menyatakan 5.300 desa di Jawa Barat akan tercover internet melalui Program Desa Digital.

Menurut Ridwan Kamil untuk memenuhi ketersediaan akses internet hingga ke semua desa di Jawa Barat menjadi tantangan. Apalagi Jawa Barat merupakan wilayah tertinggi di Indonesia dalam hal jumlah pengguna internet.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tegas Nasehati Baim Wong Soal Citayam Fashion Week: Cabut Pendaftaran HAKI ke Kemenkumham

"Program ini akan diperluas ke 5.300 desa di seluruh Jawa Barat," kata Ridwan Kamil, saat memberikan paparan secara virtual dari Gedung Pakan, Kota Bandung, Rabu (27/7/2022).

Di hadapan peserta forum, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menjelaskan, Desa Digital adalah program pemberdayaan masyarakat melalui penggunaan teknologi digital dan internet. Tujuannya untuk lebih mengembangkan potensi desa, pemasaran, layanan akses dan informasi.

"Layanan publik desa akan didigitalisasi terhubung dengan jaringan nirkabel, memiliki pusat komando, media sosial, promosi, e-commerce, serta aplikasi yang disesuaikan dengan karakter dan potensi ekonomi setiap desa," jelasnya.

Program yang sudah berjalan hampir tiga tahun ini bahkan sudah diapresiasi oleh sejumlah negara di Asia Pasifik.

Baca Juga: Ridwan Kamil Beri Masukan Agar Ada Acara Kreatif untuk Populerkan Empat Isu Prioritas dalam KTT Y20

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1.027 orang menari Tari Merak di Gedung Sate Bandung

Minggu, 18 September 2022 | 19:00 WIB
X