Diterjang Banjir dan Longsor, Ribuan Rumah Warga di 13 Kecamatan Kabupaten Garut Jabar Alami Kerusakan

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 15:58 WIB
Kendaraan terguling akibat terseret banjir luapan Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. (Foto: Twitter Diskominfo Garut)
Kendaraan terguling akibat terseret banjir luapan Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. (Foto: Twitter Diskominfo Garut)

 

GARUT, harianmerapi.com – Bencana banjir dan tanah longsor menerjang Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat (Jabar), Jumat 15 Juli 2022 malam.

Terjangan banjir dan longsor dilaporkan terjadi di 13 kecamatan di Kabupaten Garut Jabar hingga menyebabkan ribuan rumah alami kerusakan.

Belum ada laporan korban jiwa setelah 13 kecamatan di Kabupaten Garut Jabar ini diterjang banjir dan longsor.

Baca Juga: Disdikbud Sukoharjo Ingatkan KBM Sekolah Tetap Patuhi Prokes

Dikutip Harian Merapi dari akun Instagram resmi Pemerintah Kabupaten Garut @garutkab_official, bencana tersebut diduga akibat intensitas hujan yang sangat deras beberapa jam sebelum kejadian.

Hujan ekstrim tersebut menyebabkan Sungai Cimanuk yang membelah Kota Garut meluap hingga menggenangi kawasan bantaran.

Banjir merendam ribuan rumah warga di 8 kecamatan, terdiri atas Cikajang, Bayongbong, Cilawu, Garut Kota, Tarogong Kidul, Banyuresmi, Karangpawitan, dan Cibatu.

Sementara 5 kecamatan lain yang juga terdampak bencana akibat hujan ekstrim itu adalah Pasirwangi, Samarang, Talegong, Banjarwangi, dan Tarogong Kaler.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, pemerintah daerah bersama TNI dan Polri sedang melakukan penanganan lapangan mengatasi dampak banjir.

Halaman:

Editor: Jarot Sarwosambodo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X