• Selasa, 9 Agustus 2022

Kembangkan Potensi Kulon Progo, UGM Diminta Kolaborasikan FRC dengan JATP

- Rabu, 29 Juni 2022 | 18:23 WIB
Pertemuan antara Pemkab Kulon Progo dengan praktisi UGM di Gedung FRC.  (Foto : Amin Kuntari)
Pertemuan antara Pemkab Kulon Progo dengan praktisi UGM di Gedung FRC. (Foto : Amin Kuntari)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Penjabat (Pj) Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana menyambut baik program pengembangan potensi Kulon Progo yang dilakukan UGM dengan memanfaatkan Field Research Center (FRC) UGM Wates.

Meski demikian, Tri Saktiyana meminta agar pemanfaatan FRC UGM dapat dikolaborasikan dengan Jogja Agro Tekno Park (JATP) di Sentolo.

Permintaan tersebut diungkapkan Tri Saktiyana saat berkunjung ke FRC UGM, Rabu (29/6/2022). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka membahas program pengembangan potensi yang dilakukan UGM bekerjasama dengan pemerintah, pelaku bisnis dan komunitas atau masyarakat.

Baca Juga: Menunggu Jadwal Les Bahasa Inggris Ngobrol Soal Cerita Horor di Kelas, Eh......Tiba-tiba Muncul Gundul Pringis

Dalam program ini, ada tiga potensi Kulon Progo yang akan dikembangkan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat yakni Smart Agriculture, Goat Milk dan Wood Pellet.

"Saya mengapresiasi dan mengagumi keberadaan gedung FRC ini di Kulon Progo. Adanya gedung ini, saya rasa seharusnya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keberadaan JATP Kulon Progo," kata Tri Saktiyana.

Pemanfaatan FRC dan JATP, bahkan diyakini Tri Saktiyana bisa mengakomodasi kepentingan masyarakat Kulon Progo, DIY juga Indonesia. Namun dalam pelaksanaannya, diperlukan komunikasi yg baik antara akademisi dan petani.

Baca Juga: Peringati Hari Keluarga Nasional, Gubernur Ganjar Pranowo Luncurkan Pesan Perak dan Turing Sehati

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan UGM, Prof Djagal Wiseso Marseno mengatakan, potensi yang dimiliki daerah tidak akan berkembang dan bermanfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat apabila tidak tersentuh ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kerjasama empat stakeholder terkait yakni akademisi UGM, Pemkab Kulon Progo juga Pemda DIY, pelaku bisnis dan masyarakat diyakini dapat membangun dan mengembangkan wilayah secara maksimal.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Enam pejabat Kulon Progo berebut kursi Sekda

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
X