• Selasa, 9 Agustus 2022

Masjid Trayu di Kulon Progo Juga Disebut Masjid Tiban, Bagaimana Sejarah yang Sebenarnya?

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 16:18 WIB
Masjid Trayu tampak dari luar (Foto: Teguh Priyono)
Masjid Trayu tampak dari luar (Foto: Teguh Priyono)

KULON PROGO, harianmerapi.com - Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Masjid Tiban, karena tidak ada data yang pasti terkait dengan kapan masjid itu dibangun.

Namun karena lokasi masjid berada di Dusun Trayu, Tirtorahayu, Galur, Kulon Progo, sehingga masyarakat setempat menyebutnya Masjid Trayu.

Dari cerita tutur yang berkembang dan menjadi dongengan dari generasi ke generasi, konon Masjid Trayu dibangun oleh KGPAA Paku Alam V.

Baca Juga: Pengalaman Mistis Ketika Tinggal di Taiwan, Melewati Malam Selasa Kliwon Saat Bulan Hantu

Masjid itu dibangun sebagai bentuk rasa cintanya kepada Ibunya yang berasal dari Dusun Trayu.

"Itu kisah dari mulut ke mukut yang menjadi cerita di dusun ini dan kebetulan juga persis di Barat Masjid ada makam yang diyakini sebagai makam keluarga Pakualaman," tutur Ketua Takmir Masjid Trayu H. Marjan kepada Koran Merapi, Jum'at (24/6).

Menurut Marjan, keberadaan Masjid Trayu meski secara pasti kapan dibangunnya belum dapat terungkap secara gamblang.

Tetapi bangunan masjid yang memiliki ciri khas masjid Jawa pada zaman masa lalu tetap dipertahankan arsitekturnya yang terkesan kuno.

Justru dari arsitektur serta bentuk masjid yang masih menggunakan memolo berbentuk gada dan daun kluwih, sebagai mana masjid-masjid milik kraton.

"Secara kepemilikian masjid Trayu adalah milik Kadipaten Pakualaman. Karena berdasarkan kisah tutur dari orang tua dulu, masjid ini dibangun oleh Paku Alam V," tandasnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Enam pejabat Kulon Progo berebut kursi Sekda

Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:30 WIB
X