• Kamis, 18 Agustus 2022

Perlu Sinergi untuk Cukupi Kebutuhan Susu Dalam Negeri

- Selasa, 14 Juni 2022 | 23:10 WIB
Tangkapan layar pelaksanaan webinar nasional untuk memperingati HSN yang diprakarsai Himaster UMBY.  (Foto: Dok Humas UMBY)
Tangkapan layar pelaksanaan webinar nasional untuk memperingati HSN yang diprakarsai Himaster UMBY. (Foto: Dok Humas UMBY)

JOGJA, harianmerapi.com – Susu yang dihasilkan ternak sapi maupun kambing sudah banyak dikenal masyarakat sebagai asupan yang kaya nutrisi maupun nilai ekonomis tinggi.

Sudah selayaknya, berbagai pihak bisa saling sinergi guna mencukupi kebutuhan susu dalam negeri maupun meningkatkan kualitas aneka olahan berbahan susu.

Hal tersebut diungkap Dosen Laboratorium Ternak Perah Fakultas Peternakan Universitas Udayana Bali, Ir Lindawati Doloksaribu MApp Sc PhD saat menjadi nara sumber webinar nasional Hari Susu Nusantara (HSN), baru-baru ini.

Baca Juga: Perwakilan FIFA Kunjungi Stadion Manahan, Gibran : Semua Sudah Beres Standar FIFA

Kegiatan yang diprakarsai Himpunan Mahasiswa Program Studi Peternakan (Himaster) Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) tersebut mengusung tema “Pengaruh Produksi Susu Terhadap Pemenuhan Gizi Nasional”.

Lebih lanjut, Lindawati Doloksaribu menegaskan, pemenuhan gizi nasional yang berasal dari produk peternakan seperti susu sebetulnya dapat dipenuhi tidak hanya dari sapi saja, namun dapat pula dari beberapa jenis kambing yang dikenal pula sebagai kambing perah atau penghasil susu, misalnya jenis peranakan etawa (PE).

“Melihat data statistik jumlah populasi kambing di Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan sapi perah. Jadi, jika potensi produksi susu kambing dapat dikelola dengan baik, maka produksi susu nasional dapat meningkat dan kebutuhan susu dalam negeri secara parsial dapat terpenuhi,” paparnya.

Baca Juga: Peraih Perunggu Taekwondo SEA Games Vietnam Digelontor Bonus

Sementara itu perwakilan Dosen Prodi Peternakan UMBY, Ir Ajat Sudrajat SPt MPt IPP dalam sambutan pembukaan webinar nasional tersebut menjelaskan, ratusan peserta webinar dari berbagai daerah di Indonesia antusias mengikuti acara dari awal sampai akhir.

Peserta berasal dari kalangan mahasiswa dan dosen, misalnya dari Universitas Mataram, Universitas Samratulangi, Universitas Muhammadiyah Cirebon, UKDW Yogyakarta, Universitas Udayana Bali, SMK Peternakan Ciamis serta dari UMBY sendiri.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X