• Selasa, 6 Desember 2022

Ada Dua Bibit Siklon Tropis, Ada Potensi Hujan Sedang hingga Lebat di Daerah Ini...

- Senin, 30 Mei 2022 | 17:50 WIB
Ilustrasi cuaca mendung  (Wulan Yanuarwati)
Ilustrasi cuaca mendung (Wulan Yanuarwati)

JAKARTA, harianmerapi.com - Dua bibit siklon tropis 92S dan 93W di sekitar wilayah Indonesia, memberi dampak tidak langsung terhadap cuaca.

Dalam keterangan tertulis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui TCWC Jakarta memprakirakan yang diterima di Jakarta, Senin (30/5/2022), bibit siklon tropis (invest) 92S terpantau berada di dalam wilayah monitoring TCWC Jakarta pada pukul 07.00 WIB.

Bibit siklon tropis terpantau di Samudra Hindia barat Australia, tepatnya di 17,5°LS 112,5°BT, dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1004,5 mb.

Baca Juga: Cerita Horor Rumpun Bambu Jadi Sarang Demit, Apa Saja yang Mereka Lakukan?

Citra satelit Himawari-8 kanal IR dalam 12 jam terakhir menunjukkan aktivitas awan konvektif yang berkurang di banding hari kemarin.

Data angin perlapisan menunjukkan adanya sirkulasi di lapisan bawah, sementara di lapisan atas tidak terpantau adanya sirkulasi, namun terpantau adanya upper level jetstream.

Kondisi lingkungan di sekitar bibit ini yaitu suhu muka laut hangat (28-30°C), shear vertikal lemah (5-10 kt), vortisitas sedang di lapisan 850-700mb, dan divergensi lapisan atas sedang (10-20 s-1).

Baca Juga: Calon Jamaah Haji Boyolali Hari Ini Terima Koper dari Kemenag Boyolali

Berdasarkan model NWP dalam 72 jam ke depan bibit 92S bergerak ke arah tenggara menuju daratan Australia barat. Potensi sistem ini untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori Rendah.

Dampak tidak langsung Bibit 92S terhadap kondisi cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan adalah potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah provinsi Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X