• Selasa, 16 Agustus 2022

Muhammadiyah Temanggung Ingatkan Idul Fitri Jadi Momentum Bangun Spirit Berbagi di Tengah Pandemi

- Senin, 2 Mei 2022 | 10:20 WIB
Umat Islam mengikuti Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Halaman Setda Temanggung, Senin (2/5/2022). ( ANTARA/Heru Suyitno)
Umat Islam mengikuti Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Halaman Setda Temanggung, Senin (2/5/2022). ( ANTARA/Heru Suyitno)



TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Idul Fitri diharapkan menjadi momentum bagi umat untuk membangun spirit berbagi kepada sesama umat, di tengah pandemi Covid-19.


Hal ini ditunjukkan dengan kegiatan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah bagi mereka yang mengalami kesulitan ekonomi karena pandemi Covid-19.


Pesan tersebut disampaikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Temanggung Fuad Nur Idris dalam khotbah Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Halaman Kantor Setda Kabupaten Temanggung yang diselenggarakan Panitia Hari besar Islam Muhammadiyah Temanggung, Senin (2/5/2022)

Baca Juga: Waspada 6 Titik Penularan Covid-19 Selama Mudik

"Covid-19 telah mengingatkan, menyentak, dan melimbungkan pikiran serta kesadaran manusia. Bertambahnya orang miskin baru karena PHK, kebangkrutan bisnis tiba-tiba membengkak jumlahnya," kata dia.


Salat Idul Fitri di Halaman Setda Temanggung ini diikuti oleh ribuan umat Islam, baik masyarakat Temanggung maupun para pemudik yang datang dari sejumlah daerah berdasarkan kendaraan yang mereka gunakan untuk mendatangi lokasi Salat Id.

Ia mengatakan pandemi mengakibatkan banyak orang tidak bisa mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bagi mereka yang mampu seharusnya memberikan bantuan berupa apa pun kepada mereka sebagai bentuk solidaritas kepada sesama.

Baca Juga: Kontroversi Mahasiswi Berjilbab Seperti Manusia Gurun, Fadli Zon Minta Berhentikan Rektor ITK

"Ditutupnya beberapa lapangan pekerjaan membuat sebagian masyarakat menjadi resah dan panik akan kelanjutan hidupnya, maka sudah seharusnya sikap umat Islam khususnya yang diberikan kelebihan rezeki oleh Allah untuk bisa meringankan beban mereka dengan berinfak dan bersedekah," katanya.

Ia menyampaikan tentang tumbuhnya kebahagiaan batin seseorang ketika mampu berbagi kepada orang lain. Berbagai studi yang dilakukan para psikolog membenarkan bahwa berbagi kepada orang lain akan memberikan kebahagiaan seseorang.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X