• Rabu, 5 Oktober 2022

Kabar Gembira buat Pemudik, Menteri PUPR Jamin Jalan dan Jembatan Siap Dilalui Pemudik Lebaran

- Jumat, 22 April 2022 | 09:45 WIB
 Arsip foto - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.  (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Arsip foto - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)



JAKARTA, harianmerapi.com - Kabar gembira buat pemudik bakal menikmati fasilitas jalan secara aman.


Kepastian ini disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta pada Jumat (22/4/2022).

Ia memastikan prasarana jalan nasional tol dan non-tol serta jembatan siap untuk dilalui pemudik pada Lebaran Tahun 2022.

Baca Juga: Hindari Puncak Arus Mudik Tanggal 28, 29 dan 30 April 2022 Agar Mudik Nyaman

Menteri Basuki, , mengatakan dukungan prasarana jalan dan jembatan yang menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR merupakan salah satu faktor lancarnya perjalanan mudik.

"Kelancaran perjalanan mudik ini tergantung pada tiga hal, pertama adalah prasarana infrastruktur yang tersedia, kedua regulasi/manajemen lalu lintas, ketiga adalah perilaku pengguna prasarana atau pemudik," katanya.

secara umum kesiapan jalan dan jembatan untuk jalur mudik tahun 2022 sudah dalam kondisi yang baik. Di Pulau Jawa, seluruh jalan nasional di Pulau Jawa seperti ruas Pejagan-Purwokerto-Prupuk sudah dalam kondisi bagus dan juga perbaikan jalan nasional Lamongan-Gresik sepanjang 16 km juga sudah rampung. Dengan begitu diharapkan tidak terjadi kemacetan di ruas jalan tersebut.

Baca Juga: Begini Langkah Mudah Bayar Zakat, Infak dan Sedekah di Bulan Ramadhan Melalui OCTO Mobile

"Dari Cirebon ke Cilacap sudah bagus sebagai sirip-sirip jalan Pantura, Tengah dan Selatan. Jadi di Pulau Jawa ini ada 3 jalur, Pantura di Utara, Tengah dan Selatan atau jalur Pantai Selatan Jawa (Pansela) dengan pemandangannya yang indah," kata Menteri Basuki.

Sementara untuk jembatan di Pulau Jawa, Menteri PUPR menyebutkan terdapat Jembatan Ploso di Kabupaten Jombang yang baru diresmikan dan Jembatan Ngaglik di Kabupaten Lamongan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang sudah selesai diperbaiki.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X