• Sabtu, 21 Mei 2022

Kota Magelang Masuk Daerah Realisasi Persentase PAD Tertinggi di Indonesia, Berapa Sih Capaiannya?

- Selasa, 25 Januari 2022 | 21:15 WIB
Wakil Walikota Magelang M Mansyur menyerahkan SPPT PBB-P2    (Foto: Dok Pemkot Magelang)
Wakil Walikota Magelang M Mansyur menyerahkan SPPT PBB-P2 (Foto: Dok Pemkot Magelang)

MAGELANG, harianmerapi.com - Kota Magelang masuk pada jajaran Kabupaten dan Kota di Indonesia dengan Realisasi prosentase Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi tahun 2021.

Realisasi PAD yang diraih Kota Magelang ini mengantarkanya masuk di lima besar persentase PAD tertinggi tahun 2021.

Wakil Walikota Magelang, M. Mansyur menyampaikan realisasi PAD ini sebagai bukti keseriusan pihaknya dalam mengelola dan menjaga kesinambungan fiskal (sustainable fiscal) di daerah tersebut dalam membiayai pembangunan.

"Kami serius dalam mengelola dan menjaga kesinambungan fiskal untuk pembangunan," kata M. Mansyur ditemui pada penyerahan PPT PBB-P2 Kota Magelang Tahun 2022 di Pendopo Pengabdian, kompleks rumah jabatan Wali Kota Magelang, Selasa(25/1/2022).

Dia mengatakan upaya optimalisasi pendapatan daerah khususnya PAD di Kota Magelang saat ini sudah menjadi rujukan dan merupakan role model bagi daerah-daerah lain.

Salah satu komponen dalam capaian realisasi PAD adalah dari pajak bumi bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2).

"Selama tahun 2021, meskipun ditengah pandemi Covid-19, ternyata kesadaran masyarakat wajib pajak PBB-P2 Kota Magelang tidak berubah," kata dia.

Dia menyampaikan dari target PBB-P2 tahun 2021 sebesar Rp 5,6 miliar dapat terealisasi sebesar Rp. 6,5 miliar atau 115,93% dari target. Sedangkan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 316,8 miliar atau 125,81 %. Realisasi ini yang mengantarkan pemkot masuk di lima besar prosentase PAD tertinggi tahun 2021.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Magelang, Susilowati menjelaskan diserahkannya SPPT PBB-P2 secara simbolis diharapkan dapat mempercepat pendistribusian kepada wajib pajak.

Selain itu sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ketaatan membayar pajak tepat waktu.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X