• Sabtu, 21 Mei 2022

Hujan Deras Picu Tanah Longsor di 3 Kecamatan di Temanggung, Ini Daftar Kerusakannya

- Rabu, 12 Januari 2022 | 13:38 WIB
Petugas memeriksa lokasi longsor di Temanggung akibat hujan deras. (Foto: BPBD Temangung)
Petugas memeriksa lokasi longsor di Temanggung akibat hujan deras. (Foto: BPBD Temangung)

TEMANGGUNG, harianmerapi.com - Setidaknya ada 4 desa di 3 kecamatan di Kabupaten Temanggung terjadi bencana alam tanah longsor.
Tanah longsor terjadi sebagai dampak hujan deras berintensitas tinggi yang mengguyur di daerah tersebut yang mengakibatkan tanah tidak mampu menahan air.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Toifur Hadi Wuryanto menyampaikan tidak ada korban jiwa dan luka pada bencana alam tanah longsor.

"Tidak ada korban jiwa dan luka, namun sebagian korban terpaksa mengungsi di rumah famili karena rumahnya rusak dan membahayakan untuk ditempati," kata Toifur Hadi Wuryanto, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga: Bencana Tanah Longsor di Temanggung, Bangunan Senderan Ambruk Menimpa Rumah Warga

Dikatakan Toifur, desa yang terjadi tanah longsor tersebut yakni Desa Tempuran, Tleter, Bandunggede dan Karangwuni. Bencana tanah longsor sendiri terjadi pada Selasa (11/1/2022) sore di saat terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi.

Dikatakan di Kecamatan Kaloran bencana tanah longsor terjadi di Dusun Kemloko Rt 01 Rw 3 Desa Tempuran. Kejadian sekitar pukul 17.00 WIB.

"Ada pergerakkan tanah dan menimbulkan retakan di tebing belakang rumah panjang 30 meter dengan volume retakan panjang 12 meter dan lebar retakan 1 meter," kata dia.

Dijelaskan, ada 4 rumah terancam terkena longsoran yakni milik Taslikah (60), Sapuan (65), Musilin (50) dan Asmaun (60). Kerugian mencapai Rp 100 juta.

Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Batursari Rt 7 Rw 3 Desa Tleter pada pukul 15.00 WIB. Longsor pada senderan tebing depan rumah Bapak Purwoto yang menimpa rumah di bawahnya yakni milik Juweni (35) dan Rubadiah (65).

Baca Juga: Bencana Tanah Longsor Terjadi di Temanggung, Berikut Dampak Kerusakannya

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasca Lebaran, Harga Sembako Mulai Normal

Kamis, 19 Mei 2022 | 21:40 WIB
X