• Jumat, 21 Januari 2022

BMKG Catat Potensi Hujan Lebat dari Natal Hingga 2 Januari 2022

- Kamis, 9 Desember 2021 | 08:30 WIB
Tangkapan layar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang diikuti secara daring dari Jakarta, Rabu (8/12/2021).  (Antara/Devi Nindy)
Tangkapan layar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers yang diikuti secara daring dari Jakarta, Rabu (8/12/2021). (Antara/Devi Nindy)

JAKARTA, harianmerapi.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia pada Kamis (9/12/2021).

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang, yakni di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo.

Selain itu, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sumatera Selatan.

Baca Juga: Kelewat Bucin, Laura Anna Sengaja Izinkan Gaga Muhammad Gesek ATM-nya

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan sepekan sebelum Natal 2021 diprakirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas menengah hingga lebat hampir di seluruh provinsi di Indonesia.

"Kemudian mulai Natal tanggal 25 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, potensi seluruh provinsi di Indonesia mengalami hujan dengan intensitas lebat," ujar Dwikorita.

Menurutnya, hingga awal 2022, masyarakat Indonesia masih tetap harus waspada terhadap gelombang tinggi angin kencang, hujan angin disertai angin kencang dan petir ataupun gelombang tinggi.

Baca Juga: Link Nonton Streaming Film Layangan Putus Episode 3 Full Tayang di WeTV Bagian 3A dan 3B

"Sehingga, mohon tetap terus waspada adanya banjir, banjir bandang, banjir rob, longsor," ujar dia.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X