• Senin, 17 Januari 2022

Resmi, PPKM Level 3 Batal Diberlakukan di Seluruh Wilayah Indonesia Saat Nataru, Ini Alasannya Menurut Luhut

- Selasa, 7 Desember 2021 | 11:23 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan. ( ((ANTARA/Youtube Sekretariat Presiden))
Menko Kemaritiman dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan. ( ((ANTARA/Youtube Sekretariat Presiden))

JAKARTA,harianmerapi.com - PPKM Level 3 batal diberlakukan untuk periode Natal dan Tahun Baru. Kebijakan tersebut diambil dengan melihat kondisi penanganan Covid-19 saat ini.
Sebelumnya, pemerintah berencana untuk menetapkan PPKM Level 3 periode Natal dan Tahun Baru untuk mencegah terjadinya kerumunan dalam jumlah yang besar dan menurunkan mobilitas masyarakat.

Kebijakan PPKM Level 3 batal dijalankan lantaran pemerintah menilai penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan dan terkendali.
Salah satu data yang membuktikan penilaian tersebut adalah konfirmasi kasus Covid-19 harian di Indonesia berada di angka yang stabil yakni di bawah 400 kasus.

Baca Juga: Pengamanan Perbatasan dan Obwis Jadi Perhatian Pemkab Gunungkidul selama PPKM Level 3 Nataru

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menjelaskan bahwa saat ini Indonesia lebih siap dalam menghadapi momen Natal dan Tahun Baru.

“Testing dan tracing tetap berada pada tingkat yang tertinggi meski kasus rendah. Dan lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu,” ujar Luhut dikutip dari situs resmi Kemenko Selasa (7/12/2021).

Namun, semua pihak dirasa perlu meningkatkan kewaspadaan, mengingat munculnya varian baru dari virus Covid-19. Beberapa negara sendiri telah mengkonfirmasi adanya kasus dari varian baru tersebut.

Guna mencegah hadirnya varian Omicron, Luhut menyampaikan jika pemerintah akan memperketat syarat perjalanan untuk penumpang dari luar negeri.
Wilayah perbatan di Indonesia akan tetap diperketat.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Masih Ada di Temanggung, Jumlahnya Saat Ini 5 Orang, Pemkab Bersiap Terapkan PPKM Level 3

Syarat bagi penumpang asal luar negeri adalah hasil Tes PCR negatif maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.
Penumpang juga masih diminta melakukan karantina usai melakukan perjalanan dari luar negeri selama 10 hari.

“Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri,” imbuh Luhut.
Selain jumlah kasus terkonfimasi positif yang dinyatakan stabil, PPKM Level 3 batal dilaksanakan akarena capaian vaksin dosis 1 di wilayah Jawa dan Bali.

Halaman:

Editor: Herbangun Pangarso Aji

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X