• Rabu, 19 Januari 2022

Gunung Semeru Erupsi, Kawah Jonggring Saloko Bergemuruh

- Minggu, 5 Desember 2021 | 07:33 WIB
Dokumentasi - Gunung Semeru tampak mengeluarkan letusan yang di sertai suara dentuman sangat keras yang terpantau dari Desa Supit Urang, kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (3/7/2011).  (ANTARA FOTO/Cucuk Donartono)
Dokumentasi - Gunung Semeru tampak mengeluarkan letusan yang di sertai suara dentuman sangat keras yang terpantau dari Desa Supit Urang, kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (3/7/2011). (ANTARA FOTO/Cucuk Donartono)

SEMERU, gunung dengan ketinggian mencapai 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, menyimpan sejuta pesona sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Semeru yang merupakan gunung berapi kerucut itu memiliki puncak yang dikenal dengan sebutan Mahameru dan kawah berjuluk Jonggring Saloko. Semeru, memiliki daya tarik yang tiada duanya di Indonesia, khususnya bagi para pendaki.

Semeru yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru selama ini selalu mencuri perhatian bagi setiap orang yang melihatnya. Pesona dan kegagahan Semeru, bagai menyajikan sejuta keindahaan, sekaligus potensi bahaya.

Baca Juga: MDMC Terjun Operasi Kemanusiaan Pasca Semeru Erupsi, Perlunya Andil Semua Pihak dalam Memberikan Bantuan

Gunung Semeru, tidak hanya mencuri perhatian jika dilihat dari kejauhan. Para pendaki banyak yang berkeinginan untuk menaklukkan gunung tertinggi ketiga di Indonesia itu dan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan seumur hidup mereka.

Pendakian ke Gunung Semeru memang membutuhkan usaha yang tidak mudah, namun seluruh keringat yang keluar dari tubuh para pendaki akan dibayar dengan panorama alam yang sempurna.

Perjalanan untuk menaklukkan sang raksasa di Pulau Jawa itu akan diselingi dengan pesona sejumlah danau yang seolah melengkapi bentang alam itu. Ranu Kumbolo, merupakan salah satu danau yang menjadi ikon di Gunung Semeru.

Danau cantik yang seolah menjadi pelepas dahaga itu berada pada ketinggian 2.389 mdpl. Danau itu menjadi salah satu tempat yang akan disinggahi para pendaki untuk menyatu dengan alam dan merasakan dinginnya pelukan Semeru.

Baca Juga: Ajakan Bupati Lumajang untuk Donasi bagi Terdampak Erupsi Semeru Direspon Masyarakat, Bantuan Mulai Mengalir

Terlepas dari semua keindahan dan kemegahan Gunung Semeru, sang raksasa itu juga menyimpan sejumlah potensi bahaya yang mengancam. Di Puncak Mahameru, para pendaki tidak disarankan untuk menuju Kawah Jonggring Saloko karena adanya gas beracun.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Jember

Senin, 17 Januari 2022 | 08:30 WIB

Gempa Bumi Banten, BPBD Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:45 WIB

Gempa Guncang Banten, Satu Rumah Dilaporkan Roboh

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:53 WIB
X