• Jumat, 19 Agustus 2022

Eratkan Hubungan, Ridwan Kamil Boyong Puluhan Produk Ekraf ke Jogja

- Rabu, 1 Desember 2021 | 17:43 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama dengan GKR Bendara saat pembukaan pameran di JNM, Rabu (1/12/2021).  (Foto: Wulan Yanuarwati)
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama dengan GKR Bendara saat pembukaan pameran di JNM, Rabu (1/12/2021). (Foto: Wulan Yanuarwati)

JOGJA, harianmerapi.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memboyong puluhan produk kreatif dan hasil karya lukisannya ke Jogja dalam pameran Jabar Motekar yang mengusung spirit kreatifitas warga Jawa barat melalui industri kreatif.

Ridwan Kamil pada pembukaan pameran yang akan digelar sepekan, menyatakan pentingnya kolaborasi Pemda Jabar dengan Pemda DIY sehingga dapat saling menginspirasi dan mengeratkan hubungan kedua pihak.

"Kita berharap bahwa hubungan dua wilayah ini juga mengeratkan secara historis sosiologis antara budaya jawa dan budaya sunda," ujarnya, Rabu (1/12/2021) di Jogja National Museum (JNM).

Baca Juga: Perankan Kinan di Film Layangan Putus, Ini Perbedaan Karakternya dengan Sifat Putri Marino

Meskipun kolaborasi sudah aktif terjalin antar dua Provinsi, Ridwan Kamil menyebut interaksi harus tetap terjalin untuk melahirkan hal-hal baru.

"Pemprov DIY yang sudah sangat aktif berkolaborasi karena kreatifivas itu perlu interaksi saling melihat, saling merekam, saling terinspirasi sehingga lahirlah hal-hal baru dari interaksi," ujarnya.

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara mengatakan hal yang sama, bahwa industri kreatif tidak bisa berdiri sendiri. Oleh sebab itu sangat penting adanya kolaborasi antarprovinsi.

Baca Juga: Dua Pelaku Ditangkap, Ini Kronologi Pembakaran Omah PSS, Polisi: Pelaku Siramkan Bensin dengan Penuh Kemarahan

"Tentunya kolaborasi lintas provinsi bisa sangat meningkatkan daya saing dari segi ekraf (ekonomi kreatif) juga," ujarnya.

GKR Bendara berharap dengan adanya kolaborasi dapat terus menginspirasi di ranah seni dan ekonomi kreatif di Jogja.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X