• Selasa, 25 Januari 2022

Antisipasi Klitih, Polres Kulon Progo Gencarkan Razia Sajam

- Selasa, 30 November 2021 | 19:03 WIB
azia yang digelar untuk mengantisipasi kejahatan jalanan.  (Foto: Humas Polres Kulon Progo)
azia yang digelar untuk mengantisipasi kejahatan jalanan. (Foto: Humas Polres Kulon Progo)

 

KULON PROGO, harianmerapi.com - Untuk mengantisipasi tindak kejahatan jalanan alias klitih, Polres Kulon Progo mengintensifkan razia senjata tajam (sajam), minuman keras (miras) dan obat-obatan terlarang. Razia digelar dengan menyasar pengguna kendaraan terutama remaja sekaligus memastikan kelengkapan berkendara.

PS Kasi Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan, razia yang digelar merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolda DIY untuk melakukan tindakan preemtif, preventif dan represif kejahatan jalanan. Terakhir, razia digelar di lapangan futsal di Pedukuhan VII Bojong, Panjatan.

"Lokasi tersebut dipilih karena menjadi tempat digelarnya pertandingan persahabatan dua SMP di Wates," kata Jeffry, Selasa (30/11/2021).

Baca Juga: PSS Sleman dan PSIS Semarang Beda Fokus Latihan Jelang Bertemu di Liga 1

Dalam pelaksanaan razia, lanjut Jeffry, dilakukan pengecekan barang bawaan untuk mengetahui jika ada yang membawa sajam, miras dan obat-obatan terlarang. Namun hasilnya nihil lantaran tidak ditemukan adanya benda tersebut.

"Kami juga memeriksa kelengkapan berkendara. Hasilnya, ada 26 pengendara yang ditilang. Dari sekian itu, 12 di antaranya bisa diambil setelah dilakukan pemanggilan orangtua," jelasnya.

Jeffry menyebut, pelaksanaan razia merupakan bagian dari upaya menekan dan mengantisipasi tindak kejahatan jalanan yang masih marak terjadi di DIY. Mayoritas pelakunya adalah remaja, bahkan masih di bawah umur.

Baca Juga: Kementerian Agama Telah Siapkan Skenario dan Teknis Pemberangkatan Jemaah Umrah

"Kami mengimbau agar anak-anak sekolah mengurangi perkumpulan dengan teman yang berperilaku negatif sehingga tidak menjadi pelaku atau korban klitih," ucapnya.

Menurut Jeffry, tawuran antar siswa bisa berasal dari kegiatan futsal. Pihaknya berusaha mencegah dengan menggelar patroli dan hadir langsung di tengah masyarakat, termasuk razia di lapangan futsal. *

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Festival Menoreh Ajang Pamer Produk Desa

Senin, 6 Desember 2021 | 07:15 WIB
X