• Senin, 17 Januari 2022

Marsudi Luhur Sleman Tak Luntur Berbudidaya Kambing PE dan Siap Kembangkan Komplek Perikanan

- Selasa, 30 November 2021 | 06:00 WIB
Lahan untuk kolam di sebelah utara komplek kandang kambing PE Marsudi Luhur dalam tahap dibersihkan.  (Foto: Sulistyanto)
Lahan untuk kolam di sebelah utara komplek kandang kambing PE Marsudi Luhur dalam tahap dibersihkan. (Foto: Sulistyanto)

SLEMAN, harian merapi.com – Kelompok peternak kambing peranakan etawa (PE) Marsudi Luhur Sidoluhur Godean Sleman sudah lama berdiri dan tetap eksis sampai saat ini.

Semangat para peternak kambing PE kelompok Marsudi Luhur pun tak pernah luntur dalam berbudidaya PE, bahkan ada pula yang membudidayakan jenis domba (wedus gembel).

Ketika semarak kontes dan pameran kambing PE, sebagian kambing milik anggota maupun pengurus Marsudi Luhur sering terpilih menjadi juara kontes, baik tingkat regional sampai nasional.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Minta Masyarakat tidak Sepelekan Varian Omicron

Beberapa waktu lalu, komplek kandang kambing PE Marsudi Luhur bahkan pernah mendapat bantuan piranti listrik tenaga surya dari tim pengabdian dosen Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

“Dalam waktu dekat, di sebelah utara komplek kandang Marsudi Luhur akan kami buat puluhan kolam ikan. Kelompok pengelola kolam ikan juga bernama Marsudi Luhur. Sebagian pengurus dan anggota peternak kambing gabung juga di kelompok perikanan,” jelas Dukuh Mertosutan, Arif Darmawan, baru-baru ini.

Selain kolam-kolam ikan, lanjut Arif, di tanah kas desa tersebut rencana akan didirikan pula bangunan limasan, sehingga bisa digunakan untuk kegiatan kelompok kambing/perikanan maupun warga umum.

Baca Juga: Setelah Jadi Perbincangan d Twitter, Kisah 'Dikta dan Hukum' Akhirnya Diangkat Menjadi Serial di WeTv

Jika ada warga yang ingin mendirikan kuliner seperti wujud angkringan ataupun kedai kopi dipersilahkan.

“Kami berharap, suatu saat dapat menjadi kawasan destinasi wisata pedesaan, misalnya menonjolkan peternakan kambing-domba, perikanan dan kuliner,” paparnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X