• Senin, 17 Januari 2022

Optimis Hadapi Covid-19 dengan Nilai Kasih Sayang dan Saling Menolong

- Minggu, 21 November 2021 | 18:45 WIB
Ustadz Dr Yayan Suryana MAg sebagai pembicara kajian secara luring dan daring.  (Foto: Sulistyanto)
Ustadz Dr Yayan Suryana MAg sebagai pembicara kajian secara luring dan daring. (Foto: Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com – Sudah selayaknya untuk tidak putus asa ataupun takut berlebihan ketika menghadapi pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai sekarang.

Dengan kata lain, penting untuk bisa selalu optimis menghadapi Covid-19, dan sangat sejalan dengan tema yang diusung pada peringatan milad ke-109 Muhammadiyah tahun ini, yaitu Opimis Hadapi Covid-19: Menebar Nilai Utama.

Menurut Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sleman, Ustadz Dr Yayan Suryana MAg, pelaksanaan menebar nilai utama di masyarakat sangat banyak yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Balapan Sempat Tertunda Satu Setengah Jam, Jonathan Rea Raih kemenangan Keduanya di Sirkuit Mandalika

“Salah satunya dengan menjaga dan meningkatkan sikap bersaudara dan kebersamaan seluruh warga bangsa dengan nilai kasih sayang dan bisa saling menolong,” tutur Ustadz Dr Yayan saat menjadi pembicara Kajian Ahad Pagi (Jihadi) secara luring dan daring, Minggu (21/11/2021).

Jihadi yang diinisiasi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Godean ini secara luringnya dipusatkan di Masjid Al Huda Sidoluhur Sleman. Sedangkan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Adapun tindakan nyata untuk menguatkan kebersamaan dan menjauhi yang merusak kebersamaan dapat ditemui dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Baca Juga: KKB Beli Amunisi dari Hasil Menjual Emas Pendulangan

Selain itu dalam Hadist Riwayat (HR) Muslim dari Abu Hurairah disebutkan, “Barangsiapa yang memudahkan atas kesulitan orang lain, maka Allah akan memudahkan atasnya di dunia dan akhirat.”

Sedangkan beberapa contoh yang merusak kebersaman, lanjut Ustadz Dr Yayan, misalnya berburuk sangka, memfitnah, memutus silaturahmi dan memandang rendah seseorang.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X