• Jumat, 27 Mei 2022

Kesiapan TNI Membantu Pemerintah Daerah, Korem Pamungkas Gelar Latihan Penanggulangan Bencana di Wonosobo

- Selasa, 16 November 2021 | 05:53 WIB
Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf. Heri Dwi Subagyo membuka latihan penanggulangan bencana alam di Kodim 0707/Wonosobo, Senin (15/11/2021) ( ANTARA/HO - Kodim Wonosobo)
Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf. Heri Dwi Subagyo membuka latihan penanggulangan bencana alam di Kodim 0707/Wonosobo, Senin (15/11/2021) ( ANTARA/HO - Kodim Wonosobo)

WONOSOBO, harianmerapi.com - Sebagai upaya kesiapan TNI membantu pemerintah daerah, Korem 072/Pamungkas menggelar latihan penanggulangan bencana alam dengan peserta anggota Kodim 0707/Wonosobo.

Disampaikan Kasrem 072/Pamungkas Kolonel Inf. Heri Dwi Subagyo saat membuka latihan penanggulangan bencana alam di Wonosobo, Senin (15/11/2021), bahwa kondisi geografi wilayah Jawa Tengah memiliki potensi bencana alam yang sangat beragam.

Potensi bencana tersebut baik berupa gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi maupun bencana banjir dan tanah longsor, yang menuntut TNI untuk selalu siap melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam.

Baca Juga: Info Pemadaman Listrik Hari Ini Selasa 16 November 2021, Wilayah Jogja dan Sekitarnya

Karena itu, katanya latihan penanggulangan bencana alam dinilai sangat penting guna memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi.

Ia menyampaikan tujuan dari latihan adalah untuk memantapkan kerja sama antara TNI, Polri dan Pemda Wonosobo serta komponen bangsa terkait lainnya, sehingga siapa berbuat apa menjadi lebih jelas, mekanisme kegiatan berjalan sesuai SOP/protap yang dihasilkan.

"Sehingga saat terjadi bencana siapa berbuat apa langsung bisa dikerjakan dan permasalahan bencana segera teratasi," katanya.

Baca Juga: Kendalikan Inflasi, Gubernur DIY Dorong Inovasi dan Digitalisasi Sektor Pertanian

Ia meminta penyelenggara latihan melaksanakan seluruh tahapan latihan dengan sungguh-sungguh mulai tahap perencanaan hingga pengakhiran, catat hal-hal yang menonjol sebagai bahan evaluasi dan perhatikan faktor keamanan baik personel maupun materiil dalam situasi pandemi Covid-19, pedomani protokol kesehatan.

"Kepada para peserta ikuti dengan seksama sehingga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan saat terjadi bencana," katanya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X